Advertisement

UGM Juara Umum Pimnas Ke-31

Laila Rochmatin
Senin, 03 September 2018 - 06:10 WIB
Laila Rochmatin
UGM Juara Umum Pimnas Ke-31 Sebanyak 136 kontingen dari masing-masing perguruan tinggi yang berhasil lolos menuju Pimnas ke-31 berkumpul di Gor UNY, Kamis (30/8/2018). - Harian Jogja/M117

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- UGM meraih gelar juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sejak 29 Agustus-1 September 2018.

Gelar tersebut diperoleh UGM setelah melalui penghitungan dewan juri dengan mendapat perolehan medali sebanyak 10 emas, tiga perak, dan lima perunggu. Hal tersebut masing-masing didapat dari dua kategori yang dinilai, yakni poster dan presentasi.
Pada kategori poster, UGM mendapat sebanyak tiga emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Advertisement

Sementara pada kategori presentasi, UGM memperoleh tujuh emas, dua perak, dan dua perunggu. Dengan perolehan tersebut, UGM berhak menyandang gelar sebagai juara umum mengalahkan Universitas Brawijaya (UB) pada posisi kedua, dan Universitas Diponegoro pada posisi ketiga. Hal ini sekaligus membuat UGM berhak menyimpan piala bergilir Pimnas yang tahun sebelumnya diraih UB.

Gelar kali ini merupakan yang keenam kalinya UGM menjadi juara umum Pimnas. Hal itu setelah gelaran sebelumnya pada 2006, 2007, 2010, 2011, dan 2014 UGM berhal membawa pulang piala bergilir. Dengan gelar ini, UGM menyamai rekor UB yang sama-sama memperoleh predikat juara umum Pimnas sebanyak enam kali.
Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Ainun Na’im mengucapkan selamat atas keberhasilan UGM. Namun, ia juga menyatakan semua peserta yang mengikuti Pimnas adalah juara.

“Hal itu karena usaha mereka untuk sampai di sini tidak mudah. Mereka hadir di sini setelah menyisihkan saingan mereka dari seluruh Indonesia. Mereka adalah mahasiswa-mahasiswi terpilih,” kata Ainun saat penutupan Pimnas, Sabtu (1/9/2018) malam.

Ainun menyatakan peserta yang belum memperoleh medali pada tahun ini agar jangan berkecil hati. “Jadikan ini sebagai pelajaran untuk lebih sukses pada masa yang akan datang,” ujar dia. Dia berharap Pimnas ke depan dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah, inovasi, serta daya saing perguruan tinggi di Indonesia.

Perhelatan Pimnas ke-31 diikuti 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi. Juara umum Pimnas 2018 memperoleh Piala Bergilir Adhikarta Kertawidya yang diserahkan secara langsung oleh Ainun Na’im.

Ainun berharap Pimnas ke-31 ini dapat melahirkan calon pemimpin masa depan di bidang riset, sains, dan teknologi. Harapannya, karya program kreativitas mahasiswa dapat ditindaklanjuti dengan publikasi jurnal ilmiah, hak atas kekayaan intelektual, dan hilirisasi karya inovatif produk mahasiswa.

Ainun mendorong agar Pimnas ke depan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan pekan ilmiah tingkat regional dengan cakupan semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa dalam laporannya menyampaikan Pimnas ke-31 dengan UNY sebagai tuan rumah dapat berjalan dengan baik. Tema yang diangkat dalam Pimnas kali ini adalah Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif dan Inovatif Berlandaskan Ketaqwaan, Kemandirian dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, Pimnas kali ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang akademik,” ujar Sutrisna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement