Advertisement

Masuk 5 Besar Pimnas 2018, UNY Ingin Perbaiki Diri

Laila Rochmatin
Senin, 03 September 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
Masuk 5 Besar Pimnas 2018, UNY Ingin Perbaiki Diri Sebanyak 136 kontingen dari masing-masing perguruan tinggi yang berhasil lolos menuju Pimnas ke-31 berkumpul di Gor UNY, Kamis (30/8/2018). - Harian Jogja/M117

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Pekan ilmiah mahasiswa nasional (pimnas) merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional. Pimnas sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur program kreativitas mahasiswa (PKM).

Pada Pimnas ke-31 yang diselenggarakan di UNY 28 Agustus hingga 2 September, UNY ikut mengambil bagian dengan mengirimkan 15 tim. UNY berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih total tiga medali setara emas, empat medali setara perak, dua medali setara perunggu serta satu juara favorit.

Advertisement

Ketiga medali setara emas dalam untuk satu kategori poster dan dua kategori presentasi. Sedangkan empat medali setara perak diraih dalam kategori dua presentasi dan dua poster, serta dua perunggu diraih dalam kategori poster.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa bersyukur UNY berhasil masuk lima besar. “Hasil ini merupakan anugerah sekaligus tantangan ke depan. Kerja keras mahasiswa dan pembimbing dapat memperoleh hasil menggembirakan, apalagi jika dilihat dari rangking lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) UNY berada di peringkat pertama,” kata Sutrisna Wibawa, Sabtu (1/9/2018).

Menurut Rektor, di sisi lain hasil ini merupakan tantangan agar di tahun-tahun mendatang bisa lebih baik lagi. Dengan kerja keras dan kerja bersama, UNY optimistis bisa menjaga prestasi terbaik di waktu yang akan datang.

Menurut Wakil Rektor III UNY Sumaryanto, pada 2017 UNY meraih rangking 10 pada Pimnas ke-30 di Universitas Muslim Indonesia Makassar. “Tahun ini berhasil naik ke rangking kelima,” jelas Sumaryanto.

Pada pimnas kali ini UNY mengirimkan tiga tim PKM-Penelitian Eksakta, dua tim PKM-Penelitian Sosial Humaniora, enam tim PKM Kewirausahaan, dua tim PKM Karsa Cipta, satu tim PKM Gagasan Tertulis dan satu tim PKM Teknologi. Peraih emas dalam Pimnas ke-31 untuk kategori poster adalah PKM Obat Kumur Herbal Calm, peraih perak adalah PKM Kerja Tak Sayang dan PKM Konselor-ku, peraih perunggu adalah PKM Pengembangan Katoda Baterai Lithium dan PKM Smart Water Wheel Controller.

Untuk kategori presentasi, UNY meraih emas pada PKM Kombava Gel Kompres Herbal dan PKM Konselor-KU. Peraih perak adalah PKM Obat Kumur Herbal CALM dan PKM Smart Water Wheel Controller. UNY juga meraih peserta terfavorit pada kategori PKM-Penelitian Eksakta yaitu PKM Aplikasi Antiseptik Nano Graver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement