Polres Gunungkidul Siapkan 600 Personel untuk Amankan Pilkades

Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto
03 September 2018 14:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sebanyak 600 personel kepolisian akan diterjunkan dalam upaya pengamanan Pilkades pada 13 Oktober mendatang.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan ratusan polisi yang terdiri dari jajaran Polres dan Polsek tersebut akan disebar ke 30 desa yang menggelar Pilkades. Adapun jumlah personil per desa kata Ahmad akan berbeda.

Penentuan jumlah personel itu, kata Kapolres, tergantung dari tingkat kerawanan wilayah yang sebelumnya telah dipetakan Polres Gunungkidul. "Kami sudah bagi menjadi tiga wilayah, yakni wilayah aman, rawan satu dan rawan dua. Untuk wilayah aman nanti polisi yang diterjunkan satu, sisanya dibantu empat sampai lima linmas," ujarnya kepada Harianjogja.com, Senin (3/9/2018).

Namun, saat disinggung soal wilayah mana saja yang menjadi kawasan rawan, dia masih enggan menyebutkan. "Besok saja kalau sudah mendekati Pilkades," ucap dia. 

Terkait dengan kemungkinan adanya kampanye berbau isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), Ahmad mengimbau kepada masyarakat maupun peserta Pilkades untuk tidak melakukan hal tersebut.

Dalam pengamanan Pilkades, Polres Gunungkidul juga akan terjunkan patroli siber untuk mengantisipasi penyalahgunaan media sosial sebagai tempat menyebarkan isu dan fitnah.

Kasubagops Polres Gunungkidul Kompol Joko Hamitoyo menjelaskan adanya patroli siber sebagai upaya preventif kepolisian agar ujaran kebencian saat pra dan pasca pilkades di media sosial bisa diberantas. Meski lebih fokus pada upaya preventif, patroli siber kata Joko tidak segan untuk menangkap dan memproses secara hukum oknum yang bersangkutan jika terbukti melakukan pelanggaran. "Kalau menyebarkan kebencian dan itu sudah terbukti maka kami jerat dengan pasal teknologi informasi (TI)," ucap dia. 

Selain patroli siber, pihaknya juga akan melakukan patroli langsung ke masyarakat khususnya di wilayah penyelenggaraan Pilkades