Advertisement

DIY Raih Juara Lomba dan Penghargaan Tingkat Nasional

Wisnu Wardhana
Minggu, 09 September 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
DIY Raih Juara Lomba dan Penghargaan Tingkat Nasional Para pemenang lomba perpustakaan sekolah untuk tingkat nasional menerima penghargaan dan hadiah, Kamis (6/9/2018). - Harian Jogja/Wisnu Wardhana

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Untuk ketiga kalinya berturut-turut DIY meraih juara pertama dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA terbaik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional. Untuk tahun 2018 ini penghargaan diraih oleh Perpustakaan Prama Widya Pustaka SMAN 1 Wonosari Gunungkidul.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Monika Nur Lastiyani mengaku senang dengan penghargaan yang diraih ini. “Artinya pembinaan yang kami lakukan, baik di desa, kelurahan maupun di sekolah-sekolah berhasil dengan baik. Penghargaan ini sebagi bukti bahwa apa yang kami lakukan bisa berjalan dengan baik. Pustakawan-pustakawan kami juga bekerja dengan baik,” katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (8/9/2018).

Advertisement

Monika berharap agar ke depan, perpustakaan bisa dijadikan tempat untuk beraktivitas sehingga bisa mendorong literasi inklusi. Apalagi sekarang ini perpustkaan sudah ada di desa-desa dan kelurahan-kelurahan yang ada di DIY.

“Kami mengajak masyarakat untuk datang ke perpustkaan untuk semakin meningkatkan budaya literasi,” katanya.

Selain meraih juara untuk tingkat SLTA, dalam acara yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (6/9/2018), DIY juga meraih juara pertama untuk Lomba Bercerita Tingkat SD/MI tingkat Nasional tahun 2018 yang diraih Rr Nadia Marfath Khairunnisa dari SDN Gedongkiwo, Jogja.

Juara pertama juga diraih Anang Fitriyanto SN (Pustakawan BPAD DIY) untuk Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional 2018. Sedangkan untuk Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Nasional tahun 2018, Perpustakaan Pustaka Desa Wukirsari Imogiri, Bantul berhasil meraih juara ketiga.

Selain Lomba, DIY juga meraih penghargaan untuk kategori Pelestari Naskah Kuno yang diraih Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman Jogja. Penghargaan ini diterima oleh GKR Bendoro dan Sakti Mulya. Ada juga Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018 kategori Penulis yang diterima Muksin Kalida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement