Indonesia Pasar Terbesar Perdagangan Online

Ilustrasi belanja online - Bisnis.com
13 September 2018 15:10 WIB Laila Rochmatin Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Indonesia adalah pasar terbesar transaksi online di Asia Tenggara. Tercatat US$5 miliar transaksi praktik jual barang ritel melalui Internet. Sedangkan US$3 miliar transaksi dilakukan melalui informal e-commerce. Diperkirakan sebanyak 30 juta penduduk telah melakukan transaksi belanja secara online.

"Pasar perdagangan online ini diproyeksikan akan tumbuh hingga delapan kali lipat dari 2017 hingga 2022, dari US$8 miliar pembelanjaan pada 2017 menjadi US$55 miliar hingga US$65 miliar pada 2022," ujar Prof. Didi Achjari, di Lantai VIII FEB UGM, Rabu (13/9/2018) saat berlangsung Gadjah Mada International Conference on Economic and Bisnis (GAMAICEB 2018).

Menurut Didi, ada beberapa faktor yang menyebabkan e-commerce tumbuh pesat di Indonesia, di antaranya penggunaan telepon seluler yang tinggi dengan teknologi Android dan generasi milenial yang cerdas dan akrab di dunia digital. Selain itu, juga semakin banyaknya keterlibatan pengusaha atau UKM dalam perdagangan online, investasi dalam perdagangan online serta dukungan kebijakan pemerintah.

International Conference on Economic and Bisnis (GAMAICEB 2018) digelar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dalam rangkaian peringatan Dies ke-63.

Destya Danang Pradiptyo dari PT Bukalapak mengatakan pesatnya digital ekonomi karena didukung banyaknya pengguna Internet di Indonesia. Meski begitu masih terjadi gap antara perdagangan online Jawa dan luar Jawa.

"Dengan dukungan infrastruktur yang semakin mantap maka tentunya pertumbuhan ekonomi digital di luar Jawa diharapkan akan semakin meningkat pesat," kata dia.

Dekan FEB UGM Eko Suwardi mengungkapkan kehadiran digital ekonomi memberi banyak wacana yang sangat berbeda dengan ekonomi selama ini. Kehadirannya begitu banyak diikuti oleh para generasi milenial yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

"Ciri-cirinya tidak bertele-tele, langsung dan sangat efisien, semua arus barang dengan cara delivery service," kata dia.