USD Akan Gelar Job Fair, Tebuka untuk Umum dan Gratis

Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
15 September 2018 07:17 WIB I Ketut Sawitra Mustika Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan seminar karir bertema Revolusi Industri 4.0, Jumat (14/9/2018). Mahasiswa diharapakan meningkatkan kreativitas dalam menghadapi era tersebut.

Seminar tersebut menghadirkan beberapa pembicara diantaranya adalah Deputy Managing Editor Kompas Sutta Darmasaputra, HRD Manager Kompas Ayu Kartika, dan Data and Information Manager Kompas Kristanto Hadisaputra.

Sutta pada seminar tersebut membawakan materi terkait tantangan industri media dalam mempertahakan kredibilitas di revolusi industri 4.0. Sedangkan Ayu memaparkan tentang organisasi dalam tantangan perubahan. Adapun Kristanto berbicara tentang peran dan konsep big data dalam industri media.

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Sanata Dharma Johanes Eka Priyatma. Di hadapan ratusan mahasiswa peserta seminar, ia mengajak mereka untuk menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 dengan meningkatkan kreatifitas. Mahasiswa juga harus penuh imajinasi karena banyak hal teknis tergantikan oleh media digital.

Kepala Biro Pengembangan Karir dan Kerja Sama Alumni Universitas Sanata Dharma M. Martono mengatakan, pihaknya secara rutin menyelenggarakan seminar karir dan job fair.

Seminar karir sebagai sarana untuk mempersiapkan lulusan memasuki dunia pekerjaan. Sementara job fair adalah sarana untuk mempertemukan perusahaan pencari kerja dengan lulusan pencari pekerjaan.

Ia mengungkapkan, setelah acara seminar, pada tanggal 15 dan 16 September diselenggarakan job fair universitas di Student Hall Universitas Sanata Dharma Kampus I, Mrican. "Acara akan dimulai pukul 09.00-16.00 WIB. Job fair terbuka untuk umum dan gratis," jelas Martono melalui keterangan tertulis.

Perusahaan peserta Job Fair, kata Martono, akan melakukan seleksi langsung di lokasi acara, baik psikotes maupun tes wawancara terhadap kandidat yang mendaftar. Untuk itu mahasiswa harus mempersiapkan diri sejak dari rumah.

"Kami mempersilakan calon-calon tenaga profesional untuk mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email di masing-masing peserta job fair. Informasi lengkap dapat dilihat di web karir.usd.ac.id/bursa kerja," imbuh Martono.