Advertisement

Sleman Dapat Jatah 628 CPNS, Ini Formasinya

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 18 September 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Sleman Dapat Jatah 628 CPNS, Ini Formasinya Peserta ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) mnengerjakan soal menggunakan metode computer Assisted Test (CAT) di Graha Soloraya kantor Bakorwil II Gladak, Solo, Kamis (16/10). - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemkab Sleman sudah mendapat jatah untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 628 formasi. Paling banyak yaitu formasi untuk guru yang mencapai sekitar 300 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Suyono mengatakan dari 628 formasi CPNS hasil dari pusat, separuhnya merupakan jatah CPNS untuk guru. "Paling banyak yaitu untuk guru, guru SD yang banyak," katanya pada Senin (17/9/2019).

Advertisement

Ia mengatakan dari usulan awal sekitar 900 guru di penerimaan CPNS 2018 ini, Pemkab Sleman hanya menerima sekitar 300. "Meskipun kurang, setidaknya ini lebih banyak dibanding penerimaan CPNS dari sebelum-sebelumnya," ujar Suyono.

Menurut Suyono, PNS di Sleman masih kurang sekitar 5.000 pegawai termasuk guru. Namun, pihaknya coba menanggulangi itu dengan mengoptimalkan PNS yang ada.

Sebelumnya Pemkab Sleman melalui Sekda Sleman sudah mendapatkan surat perihal persetujuan jumlah formasi untuk CPNS di Sleman pada Jumat (14/9/2018). Sekda Sleman Sumadi mengatakan awalnya Pemkab Sleman mengajukan kuota CPNS sebanyak 1.500 formasi.

Setelah ada persetujuan jumlah formasi tersebut, Sumadi mengatakan akan melakukan kordinasi dengan Pemerintah Provinsi DIY untuk langkah selanjutnya. "Nanti kita juga kordinasi dengan pihak provinsi terkait langkah selanjutnya, selain itu kita akan akan membentuk panitia seleksi," jelasnya.

Sementara itu, terakhir kali CPNS dibuka di Pemkab Sleman pada 2014. Jumlah CPNS pada 2014 yang diajukan ke pusat sebanyak 700 orang. Lalu, pusat hanya menyetujui sebanyak 39 orang. Sementara, PNS di Pemkab Sleman tiap tahunnya berkurang sebanyak 400 sampai 459 karena pensiun.

Sekretaris BKPP Sleman Anton Sujarwa mengatakan di tahun ini yang dijadikan fokus pengisian PNS yaitu pada guru, tenaga kesehatan, dan tenaga infrastuktur. "Yang diprioritaskan di tahun ini sesuai dengan arahan pusat, yaitu di guru, tenaga kesehatan, dan infrastuktur, kalau untuk guru, karena tiap tahunnya juga kan banyak yang pensiun," kata Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement