Advertisement

Kedelai Impor Mahal jadi Berkah bagi Petani

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 19 September 2018 - 12:20 WIB
Arief Junianto
Kedelai Impor Mahal jadi Berkah bagi Petani Ilustrasi kedelai. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tingginya nilai tukar dolar yang masih tinggi berpengaruh pada harga kedelai import yang ikut mahal. Akibatnya hal itu justru berdampak positif pada petani kedelai lokal lantaran harga kedelai lokal yang biasanya rendah kini melonjak.

Ketua Kelompok Tani Kedelai Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul Sudiyono mengungkapkan dengan naiknya harga kedelai impor, maka harga kedelai lokal pun ikut terdongkrak. Tak hanya itu, permintaannya pun dinilai Sudiyono juga meningkat.

Advertisement

“Di masa panen raya ini permintaan meningkat juga. Harganya juga cukup tinggi. Biasanya hanya di harga Rp6.000-Rp6.500 per kilogram. Tetapi karena permintaan cukup tinggi kini mencapai harga Rp7.500-Rp8.000 per kilogram,” ucap Sudiyono, Selasa (18/9/2018).

Tingginya harga jual kedelai yang merupakan bahan baku pembuatan tempe dan tahu itu menurut dia sangat menguntungkan petani. Pendapatan para petani pun diakui dia meningkat hingga 30% dibandingkan dalam masa panen sebelumnya.

Sudiyono berharap momen ini memicu semangat para petani kedelai. “Kualitasnya berani bertanding sebenarnya. Memang untuk sekarang kepercayaan para pengusaha tahu dan tempe belum sepenuhnya ke kedelai lokal. Namun ya harapannya lambat laun mereka beralih ke kedelai lokal,” ujar dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto membenarkan petani kedelai saat ini tengah untung di masa panen kali ini. Dia pun mengakui saat ini minat petani menanam kedelai masih belum begitu banyak, dikarenakan biaya untuk produksi sering lebih besar dibanding harga jualnya.

“Memang tidak begitu banyak saat ini yang menanam kedelai karena harga jual yang rendah, padahal dulu banyak. Sekarang banyak yang beralih menanam kacang tanah, karena lebih mudah dan untung. Namun harapannya dengan ada momen harga jual kedelai yang tinggi ini dapat memberi semangat petani,” ujarnya.

Bambang menjelaskan untuk saat ini daerah yang masih menanam kedelai yaitu di Kecamatan Nglipar, Playen, Patuk dan Gedangsari. Adapun target luasan April-September 956 hektare, dan saat ini realisasi 1.305 hektare. “Hasilnya juga memuaskan dari 1,2 ton per hektare sampai ada yang 3,25 ton per hektare,” ujar Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement