Advertisement

Pelemahan Rupiah, UMKM Bantul Masih Aman

Ujang Hasanudin
Kamis, 20 September 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
Pelemahan Rupiah, UMKM Bantul Masih Aman Ilustrasi rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Perindustrian Bantul, Sulistiyanta mengklaim melemahnya rupiah atas dolar Amerika Serikat tidak banyak berpengaruh terhadap kondisi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Bantul.

"Hampir tidak ada dampaknya karena 80 persen bahan baku UMKM di Bantul berasal dari lokal. Jadi dampaknya beberapa UMKM yang bahan bakunya impor saja dan tidak banyak," ujar Sulistiyanta di sela-sela acara seminar Kewirausahaan bagi puluhan Pelaku UMKM di Aula Pemerinth Kabupaten Bantul, kompleks Manding, Rabu (19/9/2018).

Advertisement

Sulistiyanta mengaku justru sebagian besar UMKM seperti kerajinan yang sudah ekspor dan bahan bakunya lokal mendapat banyak keuntungan. Ia tidak memungkiri ada satu dua UMKM yang mengandalkan bahan baku dari luar, namun pemasaran produknya dalam negeri.

Untuk nilai ekspor dari Bantul, pihaknya belum bisa menghitung selama pelemahan rupiah ini. Namun, kata dia, Bantul menjadi penyangga utama ekspor DIY yang mencapai 70%. Jika dibandingkan tahun ke tahun nilai ekspor Bantul mengalami peningkatan.
Sebagian besar ekspor melalui pihak ketiga atau bukan ekspor langsung kepada pembeli di luar negeri. Ada 41 negara tujuan ekspor produk UMKM dari Bantul.

"Lebih banyak yang ekpor tidak langsung. Kecuali pelaku usaha mebel yang besar-besar sudah langsung. Lainnya masih lewat buyer," kata dia.

Sulistianta mengatakan pelaku usaha bukan tidak bisa ekspor langsung. Namun jika ekspornya belum banyak lebih efisien melalui pihak ketiga meski keuntungannya tidak banyak.

Sementara itu, pelatihan kewirausahaan yang digelar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul diikuti sekitar 80 pelaku UMKM. Mereka dilatih cara memasarkan produk melalui berbagai media sosial di era perkembangan teknologi informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement