Advertisement

Bali Juara Umum O2SN 2018, Jogja Peringkat Kelima

Sunartono
Minggu, 23 September 2018 - 00:50 WIB
Bhekti Suryani
Bali Juara Umum O2SN 2018, Jogja Peringkat Kelima Perwakilan Provinsi Bali menerima trofi juara umum dalam penutupan O2SN 2018, Jumat (21/9/2018) malam. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kontingen Provinsi Bali berhasil meraih juara umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 yang digelar di Jogja. Event ini ditutup di Gor Amongrogo, Jumat (21/9/2018) malam.

Bali memperoleh 17 emas, empat perak dan 11 perunggu. Disusul Jawa Tengah di urutan kedua dengan 16 emas, tujuh perak, sembilan perunggu, kemudian Jawa Timur dengan perolehan 14 emas, 15 perak, 15 perunggu. DIY berada di urutan kelima dengan 11 emas, 10 perak dan 19 perunggu.

Advertisement

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan O2SN merupakan puncak prestasi siswa seluruh Indonesia, mereka diharapkan dapat menampilkan potensi serta bakatnya. Namun terpenting, kegiatan itu dapat merekatkan rasa nasionalisme, kebersamaan antaranak dari seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, pemegang juara umum O2SN tahun ini bergeser dari provinsi yang selama ini dikenal selalu menjadi juara umum, ke provinsi lain yang mungkin tidak diperkirakan sebelumnya. "Ini merupakan pemerataan prestasi olahraga, sebagian emas sudah ke luar Pulau Jawa. Kami harapkan ke depan, semakin banyak anak berprestasi dari seluruh Indonesia," ucapnya, Jumat (21/9/2018).

Ia berharap kepada kepala sekolah dan guru untuk menggairahkan pembinaan olahraga di sekolah, maupun klub olahraga. Selain itu meminta kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), atlet tersebut terus dipupuk dan dilatih agar bisa jadi atlet nasional. Adapun pemenang O2SN cabang olahraga karate akan dikirim ke Belgia untuk mengikuti kompetisi di level internasional. "Setiap tahun selalu tidak mengecewakan banyak yang bisa raih medali," katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap Jogja memberikan kesan juga pesan betapa pentingnya peran olahraga dalam membangun watak berjuang dengan gigih. Ia berpesan bagi yang kalah harus menerima secara sportif sebagai cambuk untuk bangkit ke depannya. "Saya juga berharap peserta yang masuk sepuluh besar dilatih lebih lanjut agar bisa memberikan kontribusi dalam olimpiade ke tingkat dunia," ujarnya.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan dalam O2SN 2018 para peserta terdiri dari jenjang SD 408 atlet, SMP 340 atlet, SMA 544, SMK 340 atlet dan SLB 316 atlet. Jika ditambah dengan pendamping, pelatih dan ofisial jumlah total peserta yang hadir dalam O2SN 2018 mencapai 4.423 orang.

"Kepada pemenang juara satu diberi penghargaan medali dan beasiswa prestasi di venue seusai lomba dan piala bergilir kepada provinsi yang jadi juara umum," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement