Ingat, Kampanye Pemilu Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

Sejumlah perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019 beserta Bawaslu Kulonprogo dan KPU Kulonprogo, di sela penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai, Bersih dan Berintegritas, di Hotel Kings's, Sabtu (22/9/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni
23 September 2018 08:17 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Damai yang dibarengi dengan Deklarasi Kampanye Damai, Bersih dan Berintegritas, di Hotel Kings's, Sabtu (22/9/2018).

Ketua Bawaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati mengungkapkan, sosialisasi dan deklarasi dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi peserta Pileg, karena besok [Minggu, 23/9/2018)] sudah masuk masa kampanye. Ia berharap, lewat kegiatan ini, maka dapat terbentuk kesepahaman tentang pelaksanaan kampanye yang tertib dan berintegritas.

Termasuk kampanye yang sesuai dengan perundang-udangan yang berlaku. Karena, keadilan dan integritas pemilu harus dapat diwujudkan secara nyata dalam pengaturan semua tahapan pemilu, termasuk kegiatan kampanye.

Menurut Ria, kampanye mempunyai kedudukan sangat penting dalam proses pemilu, yaitu sebagai instrumen atau sarana pendidikan politik masyarakat. Selain itu, kampanye menjadi instrumen efektif guna meraih dukungan massa dan pemilih dalam pemilu.

"Oleh karena itu, kampanye pemilu harus benar-benar sesuai dengan tujuannya dan memberikan manfaat bagi masyarakat," kata dia, Sabtu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo, Isnaini berharap, sejumlah deklarasi pemilu damai yang dilakukan di Kulonprogo, bisa membawa pelaksanaan kampanye hingga waktu pemilihan berlangsung sesuai harapan.