Advertisement

Gubernur DIY Dianugerahi Penghargaan Purwakalagrha, Apakah Itu?

Sunartono
Senin, 24 September 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Gubernur DIY Dianugerahi Penghargaan Purwakalagrha, Apakah Itu? Sri Sultan Hamengku Buwono X. - Harian Jogja/Desi SUryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY menerima penghargaan dari Komunitas Jelajah atas ide-ide brilian menjadikan museum sebagai tempat pendidikan di luar sekolah. Penghargaan bertajuk Purwakalagrha itu bakal diberikan kepada Sri Sultan HB X dalam Indonesia Museum Award 2018.

Pendiri Komunitas Jelajah Musiana Yudhawasthi menjelaskan selama tujuh tahun terakhir IMA menjadi ajang prestisius di bidang apresiasi terhadap permuseuman. Kegiatan itu bertujuan memberikan penghargaan terhadap tokoh, pengelola museum dan pekerja di bidang sejarah, kepurbakalaan dan permuseuman ini diharapkan mampu meningkatkan apresiasi masyakarat terhadap sejarah, kepurbakalaan, permuseuman dan para pecinta warisan budaya.

Advertisement

Dalam IMA 2018,  sejumlah kategori penghargaan Purwakalagrha disiapkan, yaitu Museum Cerdas; Museum Lestari; Museum Bersahabat; Museum Inspiratif; Museum Unik; dan Museum Populer. Selain itu penghargaan Purwakalagrha juga akan diberikan kepada para tokoh dan institusi yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan museum, yang terdiri dari beberapa kategori. "Antara lain tokoh peduli museum, pejabat peduli museum, pengusaha peduli museum, Perguruan Tinggi peduli museum dan media peduli museum," ucap dia, Senin (24/9/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement