Advertisement

Masih Banyak DPT Bermasalah, Perbaikan Dilakukan hingga Dua Bulan Ke Depan

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 25 September 2018 - 18:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Masih Banyak DPT Bermasalah, Perbaikan Dilakukan hingga Dua Bulan Ke Depan Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman melakukan pencermatan setiap pekan untuk mendata daftar pemilih tetap (DPT) bermasalah. DPT bakal diperbaiki sampai dua bulan ke depan.

Ketua Bawaslu Sleman, Abdul Karim Mustofa, mengatakan jajarannya terus melakukan pencermatan DPT setiap pekan. Laporan pada pekan lalu ada 178 pemilih ganda NIK, tanggal lahir, dan nama yang sama. Selain itu, Bawaslu juga menemukan 14 data pemilih dengan tanggal lahir invalid, 80 NIK invalid, 93 NIK non-Sleman, lima alamat yang kosong, dan ada 223 data usia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. "Kami setiap pekan selalu melakukan pencermatan, panitia pengawas kecamatan [Panwascam] nantinya memberikan laporan," katanya, Selasa (25/9/2018).

Advertisement

Sebelumnya, Bawaslu Sleman sudah memberikan laporan ke KPU Sleman perihal masih ditemukannya data pemilih ganda sebanyak 2.922 data NIK, nama dan tanggal lahir yang sama. Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi mengatakan dari DPT yang sudah ditetapkan sebanyak 764.536 nama, jajarannya mencoret 2.965 nama, termasuk laporan dari Bawaslu tersebut. Shidqi mengatakan KPU akan kembali menetapkan DPT hasil perbaikan selama dua bulan ke depan.

"Terus menerus DPT kami perbaiki. Disepakati dua bulan ke depan KPU dan Bawaslu akan melakukan pencermatan dan identifikasi kembali pemilih ganda," ujar Shidqi. Ia mengatakan selagi melakukan pencermatan. KPU juga akan memasukan data masyarakat yang belum terdaftar dan masih melakukan perekaman e-KTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement