Advertisement

Kustomfest 2018 Bakal Tampilkan Pesawat WEL-1

Nina Atmasari
Rabu, 26 September 2018 - 20:37 WIB
Nina Atmasari
Kustomfest 2018 Bakal Tampilkan Pesawat WEL-1 Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfest 2018 (dua dari kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, saat berkunjung ke Harian Jogja, Rabu (26/9/2018). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2018 segera digelar. Ada sejumlah kejutan yang siap menyambut para pecinta sepeda motor kustom.

Hal itu diungkapkan Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfest 2018 saat berkunjung ke Harian Jogja, Rabu (26/9/2018).

Advertisement

Ia menyebutkan salah satunya adalah dipamerkannya WEL-1. WEL (Wiweko Experimental Lightplane)-1 adalah pesawat kelas sangat ringan (ultralight).

Pesawat ini dirancang oleh anak bangsa yang merupakan tokoh yang pertama kali ingin mengembangkan pesawat terbang, Wiweko Soepono.

Pria yang sempat berkarier di TNI AU ini terinspirasi merancang pesawat mandiri. Menggunakan mesin sepeda motor Harley Davidson 750 cc buatan tahun 1928, ia berhasil membuat WEL-1, pada tahun 1948.

Semangat Wiweko untuk berinovasi inilah yang diangkat oleh panitia Kustomfest 2018. Secara khusus Kustomfest memberikan penghargaan pada Wiweko yang dianggap memiliki jiwa untuk mewujudkan impian merancang kendaraan, sebagai dasar esensi dari kustom.

WEL-1 akan ditampilkan dalam Kustomfest 2018 yang akan digelar pada 6-7 Oktober 2018 di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul. "Meminjamkan pesawat, itu bukan hal yang mudah bagi TNI AU, tapi kami berhasil mewujudkannya," jelas Lulut.

Ia harus membongkar pesawat tersebut untuk bisa mengangkutnya dari Madiun ke Jogja. Hal tersulit adalah saat harus merangkainya di dalam JEC agar bisa ditampilkan secara utuh untuk para pecinta motor kustom. Namun, semangat menginspirasi memberinya kekuatan.

Dari 30.000 pengunjung yang ditargetkan datang menyaksikan Kustomfest 2018, ia mengumpamakan sedikitnya 1% akan terinspirasi setelah melihat pesawat tersebut. "Akan ada 300 orang yang terinspirasi untuk melakukan inovasi untuk TNI AU maupun dunia kustom. Semangat inilah yang akan menjadi kekuatan kami untuk mendorong pencinta kustom terus berinovasi," tuturnya.

Lucky Draw

Kustomfest 2018 menjanjikan chopper istimewa untuk pengunjung melalui lucky draw setelah sebelumnya, "Ojo Dumeh" berupa Trike Custom Chopper berwarna merah yang menjadi hadiah Kostomfest 2017 dan "Kebo Bule" berupa American Traditional Old School Chopper dengan tema motif Cirebon pada Kustomfest 2016.

Meski belum bersedia menyebutkan spesifikasi motor hadiah tersebut, Lulut memberikan bocoran bahwa motor tersebut menggunakan mesin American V Twin. Motor ini tidak dibangun dari nol tetapi merangkainya. "Saat ini masih dalam proses perangkaian," katanya.

Kustomfest 2018 akan menampilkan 130 motor kustom, jumlah yang sama dengan sebelumnya mengingat kapasitas ruangan yang digunakan juga tidak berubah. Adapun kapasitas untuk mobil yang biasanya mencapai 30 unit dipastikan berkurang sebab space tersebut juga digunakan untuk memajang pesawat terbang WEL-1. Para peserta berasal dari berbagai penjur nusantara dan sejumlah negara seperti Thailand, Australia, Jepang dan Amerika.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono mengungkapkan Harian Jogja mendukung digelarnya acara Kustomfest 2018. "Ini menjadi agenda yang menarik untuk mendatangkan wisatawan secara khusus, baik lokal maupun mancanegara sehingga semakin menghidupkan ekonomi di Jogja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement