Advertisement

Begini Cara Agar Petani Tak Rugi waktu Harga Bawang Merah Anjlok

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 01 Oktober 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Begini Cara Agar Petani Tak Rugi waktu Harga Bawang Merah Anjlok Salah seorang petani menunjukan hasil panen bawang merah di Desa Pulutan, Wonosari, Gunungkidul, Selasa (4/9/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Harga bawang merah di pasaran saat ini anjlok. Turunnya harga bawang merah itu dinilai lantaran melimpahnya stok di pasaran. Untuk menyiasati agar petani tidak merugi, bawang merah tidak dijual secara langsung semuanya.

Salah satunya petani di Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, yang merasakan imbas turunnya harga tersebut. Ketua Kelompok tani dan ternak Sido Maju, Pulutan, Saring Budiyanto mengatakan tidak menjual langsung semua hasil panen.

Advertisement

"Memang sudah mulai panen dari beberapa waktu yang lalu. Harganya turun banyak memang, ya untuk ngakali agar tidak rugi banyak ya tidak semua langsung dijual pas harganya rendah," ujarnya.

Dia mengungkapkan harga beberapa waktu lalu di kisaran Rp8.000 per kilogram, dan saat ini sudah mulai membaik dikisaran Rp12.000 per kilogram. "Kualitas sebenarnya baik, tetapi kan stoknya banyak jadi harga turun. Namun saat ini sudah kembali membaik," katanya, Senin (1/10/2018).

Kepala Seksi Distribusi dan Perdagangan Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Sigit Haryanto mengungkapkan beberapa minggu terakhir harga bawang merah memang mengalami penurunan. Dia menduga turunnya harga bawang merah yang cukup banyak itu dikarenakan panen raya di sejumlah wilayah Gunungkidul. Sehingga stok di pasaran melimpah.

Selain harga bawang merah yang anjlok, harga cabai di Gunungkidul kini juga tengah turun. Turunnya harga cabai tersebut diduga penyebabnya juga sama, lantaran stok yang melimpah di pasaran.

"Harga cabai turun juga dibanding beberapa minggu lalu, karena sudah masuk masa panen. Petani yang menanam cabai, bawang merah saat ini kan banyak, jadi kalau pas panen bersamaan otomatis stok melimoah harga turun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement