Advertisement

IZI dan KPP Pratama Wonosari Bagikan 150 Paket Sembako pada Warga Miskin

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 02 Oktober 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
IZI dan KPP Pratama Wonosari Bagikan 150 Paket Sembako pada Warga Miskin Salah satu rangkaian acara dalam Gebyar Muharraman 1440 H di Balai Desa Purwodadi, Senin, (1/10/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muaharram 1440 H, Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bersama KPP Pratama Wonosari mengadakan pembagian sembako yang dipusatkan di Balai Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Senin (1/10/2018) sore.

Kegiatan ini menyasar 150 warga dari tiga dusun di Desa Purwodadi, yakni Dusun Wuluh, Ngandeande serta Duwet. Adapun pemilihan tiga dusun ini lantaran tingkat perekonomian warga di daerah tersebut tergolong rendah. Dalam kesempatan itu tiap warga mendapat bingkisan sembako.

Advertisement

"Pemilihan desa ini berdasar kroscek kami sebelumnya bersama kepala dusun setempat dan daerah ini memang layak untuk menerima paket sembako. Nantinya ada beberapa dusun lain yang juga mendapat bantuan serupa," ucap Kepala Perwakilan IZI DIY, Suripta di sela-sela acara Gebyar Muharraman 1440 H di Balai Desa Purwodadi, Senin.

Dikatakan Suripto kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan KPP Pratama Wonosari. Kerjasama itu lanjutnya telah berlangsung sejak dua tahun terakhir. Selain di Tepus, sejumlah daerah lain juga pernah dilangsungkan kegiatan serupa.

"Kerjasama kami yang dengan ini yakni menyalurkan zakat dari para pegawai KPP Pratama Wonosari, semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," kata Suripta.

Perwakilan KPP Pratama Wonosari, Harris Wahju Widodo mengatakan pihaknya memang menyerahkan sepenuhnya ihwal penyaluran zakat kepada IZI. Menurutnya IZI lebih berkompeten dan juga lebih tahu mana saja wilayah yang harus diasasarkan bantuan.

"Bersama IZI lah yang paham titik dimana penerima zakat itu ada. dan di sini kita memang diundang untuk mengetahui bahwa penyalurannya seperti ini," ucap Harris.

Ditambahkan Harris zakat dari pegawai KPP Pratama Wonosari berupa zakat mal atau penghasilan yang tiap bulan disisihkan untuk diperbantukan ke masyarakat yang membutuhkan. Selain zakat, KPP Wonosari sebelumnya juga memberikan bantuan hewan kurban di wilayah Tepus.

Sementara itu salah satu Kepala Dusun Wuluh, Wasto, berharap dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu bisa mengangkat perekonomian warga.

Diakui Wasto sebagian warga Dusun Wuluh hidup di bawah garis kemiskinan. Maka dari itu bantuan seperti ini sangat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement