Advertisement

Kustomfest 2018, Garangnya Lucky Draw Belo Negoro

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 06 Oktober 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kustomfest 2018, Garangnya Lucky Draw Belo Negoro Lucky draw Kustomfest 2018 - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Luckydraw Kustomfest 2018 dirilis resmi ke publik Jumat (5/10/2018). Motor modifikasi berjenis Sportster Evolution yang dilengkapi mesin Harley Davidson itu dijuluki Belo Negoro. Berikut laporan wartawan Harian Jogja Abdul Hamid Razak.

Suaranya menggelegar saat distartter. Garang. Dipadu dengan tampilan warna loreng hijau lumut laiknya tentara, Motor Belo Negoro itu dipertontonkan ke media. Cita rasa militer sangat lekat pada motor ini, mulai warna bodi hingga bahan jok yang dibuat dari kain tas ransel militer. Ada moncong pesawat bergaya shark moon di tangkinya, hasil karya painter Danny Hacka dari Solo.

Advertisement

Lagi-lagi tangan dingin Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi yang menyiptakan motor Luckydraw tersebut. Dia terinspirasi oleh patriotisme pahlawan Indonesia yang rela berjuang mempertahankan kedaulatan negara. "Tapi ini bukan kendaraan militer hanya kustom ala militer," katanya di sela-sela peluncuran di JEC, Jumat (5/10).

Lulut sendiri tidak menyangka jika motor tersebut dilaunching bertepatan dengan HUT TNI pada 5 Oktober ini. Meskipun motor yang dibuat selama 28 hari itu sengaja dibuat sesuai karakter tentara. "Tema militer yang kuat pada Kustomfest tahun ini agar kita selalu ingat, Indonesia punya hero," katanya.

Untuk menegaskan motor itu sebagai tribute menghargai jasa para pahlawan. Tim Retro Classic Cycles juga merangkul seniman mural Jogja Helly KKK untuk menuliskan pesan di tangki motor. Tulisan itu berbunyi “Kami Dedikasikan Untuk Para Pahlawan Tentara Nasional Indonesia yang Telah Berjuang Mempertahankan Kedaulatan Indonesia”.

Bagi Lulut, menghargai jasa-jasa pahlawan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Belo Negoro salah satunya. Lulut mengakui kehadiran Belo Negoro terinspirasi dari pesawat Mustang P-51 yang digunakan pada masa Perang Dunia II. Pesawat itu saat ini dimuseumkan di Museum TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Jogja.

Bukan Lulut namanya jika tidak bisa memberikan inspirasi dan inovasi. Lewat tangan dinginnya, Lulut mampu mengkreasi dua karakter berbeda (Kustom dan Militer) dalam satu karya. Karakter militer yang ketat dengan aturan pada satu sisi, dan dunia kustom yang bebas berkreasi melebur dalam Belo Negoro. "Konsep ini paling berbeda, kalau sebelum-sebelumnya penuh dengan art (seni) yang sekarang ini (karakter) sangat kuat dan kaku," katanya.

Sekadar diketahui, pada Kustomfest 2017 lalu, Lulut merancang sebuah Trike kustom yang disematkan mesin Harley-Davidson Buell dengan DNA racing dari mobil Porsch. Lulut menuturkan ide merancang motor lucky draw Kustomfest 2018 ini muncul dari hobinya yang ditekuni saat ini di dunia aero. "Saya ingin membawa pesan moral para penerbang jaman dulu ke ranah budaya otomotif," katanya.

Pada kuda besi Belo Negoro, Lulut menempatkan fork depannya lebih rebah 6 inci sehingga tampilannya sedikit liar. Semakin sangar karena desain stang curved bar pada motor ini dipadu dengan tangki model peanut. Plus cat loreng ala tentara. Lulut sengaja mempertahankan ornamen vintage pesawat jaman dahulu itu pada Belo Negoro.

Motor Harley-Davidson type Sportster Evolution pada Belo Negoro ini, sasis bawaannya tetap dipertahankan. Dengan rekayasa engineering kuat, didukung craftmanship mumpuni, motor lucky draw ini tampil stylish menonjolkan karakter tangguh.

Kustomfest 2018 sendiri menghadirkan sebanyak 130 motor modifikasi terbaik dari para builder. Hanya orang yang beruntung yang bisa membawanya pulang, saat luckydraw pada ajang Kustomfest ketujuh, 6-7 Oktober 2018 di Jogja Expo Center (JEC). Pengunjung tinggal membeli tiket masuk seharga Rp60.000 per hari, berkali-kali agar kesempatan mendapatkan Luckydraw tahun ini semakin lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement