Advertisement

Puluhan Komunitas Ramaikan Karnaval Road to Jogja Fashion Week 2018

Sunartono
Minggu, 07 Oktober 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Puluhan Komunitas Ramaikan Karnaval Road to Jogja Fashion Week 2018 Sekda DIY Gatot Saptadi (kedua dari kanan) didampingi Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta (paling kanan) membuka karnaval bertajuk Road to Jogja Fashion Week 2018 di sepanjang Jalan Malioboro, Sabtu (6/10/2018) sore. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak 25 kelompok fashion dari dalam dan luar DIY mengikuti karnaval bertajuk Road to Jogja Fashion Week 2018 di sepanjang Jalan Malioboro, Sabtu (6/10/2018) sore. Event seni ini digelar secara rutin untuk meningkatkan kunjungan wisata sekaligus mendukung rangkaian Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018.

Para peserta karnaval memulai pawainya dari depan Kantor Dinas Pariwisata DIY Jalan Malioboro sekitar pukul 14.30 WIB. Marching Band UGM menjadi terdepan dalam rangkaian pawai tersebut. Adapun panggung kehormatan bagi para pejabat berada di sisi timur Jalan Malioboro tepatnya di depan Kantor Gubernur DIY.

Advertisement

Kegiatan itu dihadiri oleh pejabat Pemda DIY, Ketua Dekranasda GKR Hemas dan menariknya ada perwakilan dari beberapa negara yang turut menyaksikan rangkaian karnaval itu melalui panggung kehormatan. Sekda DIY Gatot Saptadi didampingi Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta membuka event tersebut dengan mengibaskan bendera start di hadapan peserta nomor urut pertama.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menjelaskan karnaval itu diikuti 25 kelompok terdiri dari 18 kelompok dari wilayah DIY dan tujuh kelompok dari luar DIY. Beberapa kota yang mengirimkan perwakilannya dalam event ini antara lain Solo ada empat kelompok, kemudian dari Magelang, Salatiga dan Banyuwangi masing-masing satu kelompok.

"Ini merupakan karnaval yang ke-13 kita lihat masyarakat sangat antusias dengan kemeriahan acara ini. Peserta dari luar DIY juga sangat antusias," terangnya di sela-sela acara, Sabtu (6/10/2018).

Ia menambahkan karnaval itu sekaligus untuk memeriahkan JIBB 2018. Para peserta karnaval yang terlibat dilombakan, selain itu sebagai rangkaian di hari yang sama sebelum pelaksanaan karnaval juga digelar lomba rias fantasi di Hotel Grand Inna Malioboro.

Ada juara satu dua dan tiga serta juara harapan bagi peserta yang mengikuti," ucapnya.

Aris mengatakan penilaian bagi peserta dengan beragam kriteria. Mulai dari keaslian karya fashion, keunikan, kreatifitas, kekompakan, keharmonisan dan total dari performance kelompok peserta. Pihaknya melibat para ahli yang memiliki pengalaman dalam melakukan penilaian event serupa.

Ia menambahkan, peserta yang terlibat dalam karnaval itu ada sekitar 700 orang. Mereka berasal dari berbagai komunitas, sebanyak 18 kelompok dari DIY dan tujuh dari luar DIY.

Sebagian besar busana yang ditampilkan adalah batik, kegiatan ini sekaligus sebagai penanda Jogja yang terkenal dengan batiknya. Selain memberikan ruang kreasi, event itu sekaligus untuk melakukan upaya pelestarian batik.

Aris meyakini event tersebut dapat menambahkan paling tidak sekitar 10.000 wisatawan yang datang ke kawasan Malioboro. Adapun tema yang diangkat dalam gelaran itu adalah Adarma Abra yang artinya berjuang untuk mencapai keberhasilan yang gemilang.

Ia mengatakan dengan semakin banyak event yang digelar di Jogja. Sehingga dapat dinikmati para wisatawan dan dapat menambah event wisata yang bisa menambah jumlah wisatawan.

"Wisatawan sangat menikmati acara ini, selain itu peserta memiliki media untuk mencurahkan ekspresinya dalam tata busana," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement