Semberono Bakar Sampah, 6 Hektare Lahan Jati Ludes Terbakar

Ilustrasi kebakaran lahan. - JIBI
11 Oktober 2018 00:50 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUGKIDUL- Lahan jati seluas enam hektar di Dusun Gambarsari, Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen, terbakar pada Selasa (9/10/2018). Diduga kebakaran ini terjadi lantaran warga membakar sampah di sekitar lokasi.

Kasi Humas Polsek Ngawen, Aipda Jayadi mengungkapkan peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 wib. Diketahui api berasal dari aktivitas pembakaran sampah yang dilakukan warga di sekitar lahan jati tersebut.

Lantaran angin yang berhembus cukup kencang, api merembet dan membakar lahan jati seluas enam hektar. Api yang terlanjur membesar menyulitkan warga untuk melakukan pemadaman. Walhasil warga melaporkan kejadian ini ke Polsek Ngawen untuk mendapat bantuan.

"Kemudian kami bantu untuk memadamkan, syukurlah api bisa segera padam," ucap Jayadi, Rabu (10/10/2018) siang.

Atas kejadian tersebut, pihak kepolisan mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarang, terutama di lokasi yang berpotensi menjadi kebakaran.

"Paling tidak jika membakar sampah ditunggui terlebih dahulu jika sudah benar-benar padam boleh ditinggal, kemudian untuk membuang puntung rokok juga tidak sembarangan," ucapnya.