Logistik Pilkades Gunungkidul Dijaga Polisi 24 Jam Setiap Hari

Ilustrasi. - JIBI/Nicolous Irawan
11 Oktober 2018 07:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Logistik untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) telah didistribusikan ke 30 desa penyelenggara Pilkades. Pengamanan dari pihak kepolisian diintensifkan.

Humas Polsek Purwosari, Brigadir Chrismawan Adi Nugroho mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Babinsa, Linmas serta panitia Pilkades selama 24 jam nonstop hingga hari H menjaga logistik pilkades.

"Dari kami terjunkan dua personil, nanti mereka akan bergantian untuk menjaga kotak suara yang ada, pengamanan ini lintas sektor," jelas Chrismawan kepada Harianjogja.com, Rabu (10/10/2018).

Dikatakan Chrismawan desa yang menyelenggarakan Pilkades di Kecamatan Purwosari adalah Desa Girijati. Adapun logistik untuk Pilkades di desa tersebut telah datang sejak lima hari lalu, meliputi surat suara 1762 lembar, kota suara empat buah dan bilik suara sebanyak 16.

Di bagian lain, Ketua Panitia Pilkades Desa Monggol, Wakir mengatakan distribusi logistik juga telah diterima pihaknya. Adapun untuk Desa Monggol sendiri logistik yang diterima yakni 10 kotak suara yang ditempatkan di sembilan dusun.

Wakir mengatakan Pilkades di Monggol diperebutkan dua calon yang pada edisi pilkades sebelumnya pernah bertarung. Akibatnya, persaingan kedua peserta ini diakuinya cukup sengit. Meski demikian dia memastikan untuk saat ini semua masih kondusif.

Menyoal keamanan, Polres Gunungkidul menerjunkan sekitar 600 personil yang disebar ke 30 desa penyelenggara Pilkades. Jumlah polisi untik mengamankan per desa ini berbeda tergantung dari tingkat kerawanan desa yang bersangkutan.