Bisnis Komunitas untuk Hadapi Revolusi Digital

Kepala PPBE FE UAJY, Tabita Indah Iswari memberikan sambutan dalam National Sharing Session I di Sahid Jaya Hotel, Kamis (11/10/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
12 Oktober 2018 06:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomi (PPBE), Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar National Sharing Session I dengan tema Pengembangan Kapasitas dan Kemitraan Strategis Entitas Ekonomi Bisnis Berbasis Komunitas dalam Era Revolusi Industri Generasi 4.0 di Sahid Jaya Hotel, Kamis (11/10/2018).

Kepala PPBE FE UAJY Tabita Indah Iswari mengatakan acara sharing tersebut berguna baik bagi PPBE maupun partisipan.
“National Sharing Session ini bertujuan untuk menghimpun opsi-opsi pengembangan kapasitas entitas ekonomi bisnis berbasis komunitas dalam menghadapi revolusi industri generasi 4.0,” kata Tabita, Kamis (11/10/2018).

Selain itu diharapkan pula dapat memperkuat jejaring dan kolaborasi multipihak untuk mengembangkan model kemitraan guna mendukung pertumbuhan dan berkelanjutan entitas ekonomi bisnis berbasis komunitas di era revolusi industri 4.0.

Dalam sharing tersebut mendatangkan beberapa pemateri di antaranya dosen Fakultas Ekonomi Atmajaya Kusumadmo yang memaparkan tentang strategi kolaborasi entitas bisnis berbasis komunitas di era revolusi industri 4.0, tenaga ahli madya kedeputian IV Kantor Staf Presiden RI Alois Wisnuhardana yang menyampaikan materi menjadi pemain andal dalam era cyber-physical dan ekonomi digital.

Chief Operating Officer Ainu Rofiq yang menyampaikan literasi digital untuk penguatan jaringan lintas pelaku bisnis berbasis komunitas, Field External Affairs Manager EMCL dengan materi pengembangan kapasitas entitas ekonomi bisnis berbasis komunitas di era ekonomi digital. Ada juga Senior Manager, Departement Community, PT. Agincourt Resources, Pramono Triwahyudi yang menyampaikan peran ekonomi bisnis berbasis komunitas dalam pengembangan ekonomi lokal.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja sama, UAJY Robertus Sigit Widiarto mengungkapkan PPBE dapat merespons dengan cepat era saat ini.

“Topik menarik dan aktual. Kita tahu saat ini sudah masuk era revolusi 4.0. Siapa tahu muncul inspirasi baru dari forum ini terutama yang bisa diinisiasi oleh PPBE,” ujarnya.

Salah satu pemateri Wisnu mengungkapkan saat ini telah masuk perkembangan zaman dan teknologi beberapa pekerjaan manusia telah tergeser oleh peran robot dan diprediksi perkembangan tersebut semakin terlihat pada 2030.

“Saat ini semua dunia di zaman industri, banyak pekerjaan yang telah digantikan robot. Meski begitu ada beberapa yang tidak bisa digantikan, seperti seni. Sehingga penting orang membutuhkan kreativitas dan social skill,” kata dia.