Advertisement

Properti Sedekah Laut Dirusak Gerombolan Bercadar, Buya Syafi'i Maarif : Wahabisme Itu Berbahaya

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 15 Oktober 2018 - 18:50 WIB
Bhekti Suryani
Properti Sedekah Laut Dirusak Gerombolan Bercadar, Buya Syafi'i Maarif : Wahabisme Itu Berbahaya Buya Syafi'i Maarif. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Tokoh lintas agama Buya Syafi'i Maarif mengimbau agar warga jangan takut terkait perusakan properti acara sedekah laut oleh segerombolan orang bercadar di Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul pada Jumat (12/10/2018) pekan lalu. Menurutnya aksi perusakan tersebut merupakan tindakan yang beringas.

Buya Syafi'i mengatakan pelaku perusakan harusnya diselesaikan secara hukum. "Tidak benar itu, selesaikan secara hukum, tangkap saja," ujarnya pada Senin (15/10/2018).

Advertisement

Menurut tokoh pemikir Islam itu, umat Islam sebagai mayoritas haruslah mengembangkan kultur kewarasannya. Ia menduga tindakan tersebut dilakukan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab dan telah terjangkiti oleh prilaku intoleran. "Pengaruh wahabisme itu berbahaya," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat sekitar yang akan melakukan acara sedekah laut tidak perlu takut. "Rasa takut harus dihilangkan," ucapnya saat ditanya wartawan di rumahnya, Perumahan Nogotirto Elok II, Jalan Halmahera D 76, Desa Nogotirto, Gamping.

Acara sedekah laut tersebut sedianya diadakan pada Sabtu (13/10/2018) di di Pantai Baru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul. Namun, properti acara dirusak oleh segerombolan orang pada Jumat (12/10/2018) malam dan membuat acara yang rutin diadakan setiap tahun itu hanya diisi pentas kesenian tanpa acara pelarungan sesaji ke laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement