Advertisement

Berharap Berkah, Warga Ketingan, Tirtoadi, Gelar Merti Bumi

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Berharap Berkah, Warga Ketingan, Tirtoadi, Gelar Merti Bumi Kirab budaya yang digelar di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Minggu (14/10 - 2018). Kirab ini merupakan bagian dari acara Merti Bumi Dusun Ketingan.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati menggelar Merti Bumi, Minggu (14/10/2018). Upacara ini digelar sebagai bagian dari tradisi masyarakat yang memohon berkah kepada Tuhan yang Maha Esa agar selalu mendapatkan hasil panen yang baik.

Kepala Dusun Ketingan, Supartinah, mengatakan Merti Bumi digelar dengan berbagai acara. "Ada kirab, sebelumnya kami juga nyekar ke makam leluhur dan makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, Bantul. Selain itu juga ada pentas wayang kulit," ujarnya saat ditemui Harian Jogja, Minggu.

Advertisement

Pada Minggu siang warga menggelar kirab budaya dengan rute mulai dari Balai Desa Tirtoadi hingga Kantor Kecamatan Mlati. Di akhir kirab ada rebutan gunungan. Peserta kirab mengenakan busana khas Jawa. Ditampilkan juga bregada, gunungan, dan ogoh-ogoh. "Untuk pentas wayang kulit digelar Minggu (21/10/2018),” katanya.

Supartinah mengatakan Merti Bumi merupakan acara yang rutin digelar tiap tahun. Namun acara itu tidak mesti digelar dengan kirab. Ia mengatakan dalam Merti Bumi tahun ini semua prosesi diadakan. Ia menjelaskan Merti Bumi sebagai upaya mempertahankan budaya Jawa di tengah masyarakat. Selain itu Merti Bumi juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas pemberian Tuhan. "Warga berharap agar mendapat keselamatan, juga diberi hasil panen yang baik," kata Supartinah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement