Advertisement

Puluhan Komunitas Museum Bertemu di Benteng Vredeburg Jogja

Sunartono
Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Puluhan Komunitas Museum Bertemu di Benteng Vredeburg Jogja Kegiatan serasehan komunitas museum di Benteng Vredeburg, Selasa (16/10/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Puluhan komunitas museum dari berbagai daerah di Indonesia menggelar pertemuan dalam serasehan Museum sebagai Media Kreasi Komunitas di Benteng Vredeburg, Jogja, Selasa (16/10/2018).

Plt Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Zaimul Azzah menjelaskan kegiatan itu diikuti sebanyak 45 komunitas museum dari berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan itu mendiskusikan tentang upaya kreatif yang harus dilakukan pengelola museum agar dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Ia mengakui tanpa adanya komunitas maka museum tidak bisa berjalan dengan baik.

Advertisement

"Karena komunitas juga yang membesarkan museum, komunitas sahabat museum ini sangat membantu kami," katanya, Selasa (16/10/2018).

Ia menambahkan dalam pertemuan itu pihaknya memberikan ruang kepada komunitas museum dari berbagai daerah di Indonesia untuk berkarya di Benteng Vredeburg. Bersamaan dengan berkumpulnya komunitas itu juga sejumlah museum dari berbagai daerah di Indonesia turut memamerkan karyanya di Benteng Vredeburg.

"Kebetulan dari luar daerah antusiasnya sangat tinggi, karena Museum Benteng Vredeburg ini tingkat kunjungannya sangat tinggi, mereka bisa berkarya di sini," ungkapnya.

Ia menambahkan, hal terpenting dari kegiatan itu dapat memupuk dan mengembangkan silaturahmi antarmuseum serta museum dengan komunitas. Sehingga usaha dalam meningkatkan apresiasi dan kreasi masyarakat terhadap museum semakin mudah.

"Melalui kerja sama dengan komunitas ini semakin mengokohkan pemahaman masyarakat terhadap museum, bahwa museum dan komunitas ini bagian yang tak terpisahkan untuk menginformasikan sejarah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement