Advertisement

Hutan di Lanteng I Bantul Terbakar, Diduga karena Puntung Rokok Dibuang Sembarangan

Fita Ayu Fidiyawati (M121)
Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Hutan di Lanteng I Bantul Terbakar, Diduga karena Puntung Rokok Dibuang Sembarangan Kebakaran hutan di Lanteng I diduga akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan pada Senin malam (15/10/2018). - Harian Jogja/Fita Ayu Fidiyawati (M121)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah Selopamioro pada Senin (15/10/2018). Diduga penyebab kebakaran tersebut adalah puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Kebakaran hutan yang terjadi di hutan Selopamioro, tepatnya di Lanteng I adalah akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan,” kata Sersan Mayor Suyanto, Babinsa Selopamioro, Selasa (16/10/2018).

Advertisement

Kebakaran hutan di dusun Lanteng I, Selopamioro, Imogiri, Bantul, menghanguskan pohon jati yang memang sudah mengering. Karena lahan tidak dapat dijangkau kendaraan, maka Tim Satuan Pengendali Kebakaran (Satdalkar) tidak terjun langsung untuk menangani kebakaran tersebut.

“Luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare Ha. Tidak ada kerugian dalam kebakaran ini, karena nantinya lahan bisa ditanami pohon lagi ketika musim penghujan tiba,” ujar dia.

Hutan di wilayah Lanteng I, Selopamioro, Imogiri tak hanya sekali dilahap si jago merah. Setidaknya dalam bulan Oktober ini sudah lima kali terjadi kebakaran.

“Asap mulai muncul sejak pukul empat sore. Kemudian, ketika pukul enam kobaran api mulai muncul dan menyebar ketika pukul delapan malam,” kata Udin, masyarakat setempat yang melihat kejadian pada Senin (15/10/2018).

Kobaran api mulai mereda pada pukul 11 malam. Ketika pagi harinya, api sudah benar-benar mati. Masyarakat pun diminta ikut waspada dan melapor jika menemukan kebakaran lahan atau hutan di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement