Advertisement

Stikom Jadi Tuan Rumah Peksiminas

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 18 Oktober 2018 - 06:10 WIB
Laila Rochmatin
Stikom Jadi Tuan Rumah Peksiminas Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jogja menyuguhkan tari Golong Gilig Praju Mandala dalam perhelatan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV-2018 di Lapangan Pancasila Ghra Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (16/10/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) DIY menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Yogyakarta untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV 2018, untuk bidang lomba Komik Strip. Kegiatan dengan tema Merajut Budaya Nasional ini akan dibuka secara resmi bertempat di kampus Stikom Yogyakarta, Kamis (18/10/2018).

Lomba Komik Strip tersebut merupakan satu dari rangkaian kegiatan lomba Peksiminas yang berlangsung dari Selasa (16/10/2018)-Sabtu (20/10/2018) di berbagai kampus di DIY, yang pembukaannya dilaksanakan Selasa, (16/10/2018) siang di lapangan Pancasila, UGM.

Advertisement

Peksiminas merupakan kompetisi di bidang seni bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan menunjuk pengurus BPSMI sebagai panitia penyelenggara kegiatan. Kegiatan dua tahunan ini terdiri dari berbagai macam tangkai lomba, salah satunya adalah komik strip.

Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan & Alumni Stikom Yogyakarta, Hardoyo yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana komik strip mengatakan lomba tersebut akan diikuti oleh para mahasiswa putra maupun putri utusan dari BPSMI berbagai provinsi di Indonesia yang sebelumnya telah menjalani seleksi di tingkat perguruan tinggi masing-masing hingga tingkat provinsi.

“Sesuai tema lomba para peserta akan menuangkan gagasan dalam bentuk rangkaian gambar yang mengandung cerita di atas kertas manila ukuran A3. Gambar harus lebih dominan dibandingkan teks. Diharapkan dalam lomba tersebut para peserta dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan dihasilkan karya lomba yang bagus bermutu,” ujar Hardoyo, Rabu (17/10/2018).

Penjelasan teknis terkait lomba oleh para juri dilaksanakan sehari sebelum lomba pada Rabu (17/10/2018) di kampus Stikom Yogyakarta. Sedangkan penilaian karya oleh para juri dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018). Setelah dilakukan penilaian oleh tim juri, masyarakat diberi kesempatan menikmati karya-karya lomba tersebut saat karya tersebut dipamerkan dalam dua hari sesudahnya di kampus Stikom Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement