Advertisement

Ini Klarifikasi Polisi soal Viral Bendera Cina di HUT Kulonprogo

Bhekti Suryani
Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Klarifikasi Polisi soal Viral Bendera Cina di HUT Kulonprogo Insiden bendera Cina di HUT Kulon Progo. - Foto: Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepolisian Kulonprogo mengklarifikasi ihwal munculnya bendera Cina dan Jepang pada HUT Kabupaten Kulonprogo yang viral di media sosial.

Sebelumnya, peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulonprogo, yang ke-67 di Alun-Alun Wates pada Senin (15/10/2018) ternodai dengan insiden lontaran parasut berbendera Cina dan Jepang di atas bendera Merah Putih. Foto dan video peristiwa itu pun viral di media sosial.

Advertisement

Dari video yang beredar, bendera kecil berbahan kertas tersebut tampak terikat pada parasut. Viralnya insiden itu juga diiringi kabar bahwa parasut berbendera tersebut keluar sesaat setelah petasan meledak di udara.

Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution dalam siaran pers yang disiarkan Rabu (17/10/2018) menyatakan kepolisian telah melaukan penyelidikan untuk mengathui apa motif dan siapa pelaku di balik kemunculan bendera Cina dan Jepang yang bersanding dengan Bendera Merah Putih tersebut.

Hasil penyelidikan polisi kata dia, belum diketemukan unsur pidana terkait dengan kemunculan bendera Cina dan Jepang tersebut. "Karena ukuran kembang api masih di bawah dua inci sehingga tidak perlu ada izin dari kepolisian untuk pengunaannya," kata Anggara Nasution seperti dilansir Harianjogja.com, Kamis (18/10/2018).

Anggara juga memastikan tidak ada unsur kesengajaan terdapat parasut kecil berbendera Cina dan Jepang serta Bendera Indonesia yang terlontar dari kembang api.

"Kembang api tersebut merupakan stok lama produksi negara Cina [impor] tahun 2017, dan baru diledakkan saat ini," paparnya lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement