UNY Juarai Festival Pendidikan 2018

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta - uny.ac.id
20 Oktober 2018 20:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Mahasiswa UNY meraih juara I tingkat Nasional untuk Inovasi Media Pembelajaran Sederhana di Era Digital dalam rangkaian Festival Pendidikan 2018 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin (15/10/2018)-Rabu (17/10/2018).

Ada tiga mahasiswa UNY yang berhasil mengantarkan menjadi juara I melalui gagasan inovasi tentang media pembelajaran sederhana dengan metode permainan kartu yang tradisional ini, yaitu dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Endah Istiqomah, dari Pendidikan Teknik Otomotif Ahmat Prabowo dan dari Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Hindun Nur Aisyah.

Lomba Inovasi Media Pembelajaran Sederhana di Era Digital diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, (BEM FIP UNJ), bekerja sama dengan beberapa Prodi di Fakultas Ilmu pendidikan UNJ.

Dalam kompetisi ini, media pembelajaran yang ditampilkan mesti memenuhi kaidah sebagai suatu media pembelajaran sederhana dan menggunakan materi mata pelajaran dari sekolah tingkat SD hingga SMA Sederajat. Namun, media sederhana tersebut tetap layak digunakan oleh siswa pada era digital seperti saat ini.

Dalam kompetisi ini, karya tulis yang digagas Endah dan timnya berjudul Reading Education (REDU) sebagai Media Pembelajaran pada Kelas II Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Budaya Membaca. Gagasan yang disampaikan tim ini ditujukan untuk sebagai media peningkatan minat baca pada anak sekolah dasar.

“Diharapkan dengan adanya media ini dapat memberikan kemudahan untuk siswa dalam belajar membaca dan meningkatkan minat budaya membaca. Inovasi ini juga merupakan langkah konkret dalam mengembangkan media yang ramah teknologi di bidang pendidikan,” ujar Endah, Jumat (19/10/2018).

Tim UNY terpilih menjadi juara setelah melalui rangkaian seleksi. “Dimulai dari seleksi full paper dan presentasi finalis di Jakarta,” ujarnya.