Penyewaan Stan Sekaten 2018 Dibuka, Ini Info Lengkapnya

Ilustrasi PMPS Sekaten. - Harian Jogja/Desi Suryanto
22 Oktober 2018 21:50 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebanyak 512 kapling disiapkan untuk memeriahkan Pasar Malam Perayaan Sekatan (PMPS) 2019 di Alun-Alun Utara Jogja. Jumlah kampling yang disediakan tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu sebanyak 486 kapling.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jogja Maryustion Tonang mengatakan seluruh kapling tersebut siap ditawarkan dengan sistem sewa. Pelaksanaan PMPS sendiri akan dimulai pada 2 November mendatang. “Persiapan PMPS sudah sekitar 80 persen. Untuk pendaftaran sewa kapling kami hanya melayani Rabu (24/10/2018) dan Kamis (25/10/2018),” katanya, Senin (22/10/2018).

Pendaftaran untuk menyewa stan akan dilayani di Pendopo Ngestigondo di sisi timur Alun-Alun Utara Jogja. Pihaknya menargetkan, total pendapatan dari sewa kapling untuk PMPS tahun ini sekitar Rp1 miliar. “Semoga target kami bisa tercapai. Soalnya waktu penyelenggaraan mepet, lebih singkat dibanding tahun lalu,” kata Maryustion.

Syarat penyewaan stan pun tidak ada perubahan. Setiap penyewa hanya diminta menyerahkan fotokopi identitas diri dan membayar uang sewa secara tunai untuk 10 hari pertama. Delapan hari sisanya, penyewa bisa membayar uang sewa pada tahap berikutnya. “Kalau pembayaran awal sudah lunas, penyewa diperbolehkan mendirikan stan. Dengan catatan tidak menggali lahan dan memasang patok atau pancang. Ini untuk menjaga agar kondisi Alun-Alun agar tidak rusak,” katanya.

Selain syarat di atas, penyewa juga diminta berkomitmen untuk menjaga kerapian barang dagangannya. “Yang pasti, kami juga memberikan fasilitasi khusus kepada wilayah untuk menampilkan produk UKM unggulan mereka. Untuk stan dari masing-masing pemda hanya menggunakan tenda,” katanya.