Advertisement

Pemda DIY: Belum ada Komunikasi Tol Jogja-Solo

Sunartono
Sabtu, 27 Oktober 2018 - 09:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pemda DIY: Belum ada Komunikasi Tol Jogja-Solo Ilustrasi Pemda DIY. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY memastikan belum ada komunikasi dengan pemerintah pusat terkait titik pembangunan tol Kulonprogo - Jogja - Solo. Hingga saat ini baru Jogja - Bawen yang telah ditentukan dari Bendung Karangtalun hingga Maguwo.

Sekda DIY Gatot Saptadi menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti terkait pembangunan jalan tol Jogja - Solo. Pemerintah pusat belum mengajak daerah untuk membahas secara detail perencanaan tol Jogja - Solo.

Advertisement

"Sampai saat ini kami belum mengetahui detailnya, belum ada komunikasi dengan pusat. Apalagi survei ya belum ada setahu saya," ungkapnya Jumat (26/10/2018).

Gatot mengakui perencanaan tol Jogja - Solo sudah ada di Perda DIY No.2/2010 tentang rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). Tetapi menurutnya tidak secara langsung dengan menyebut tol.

"Kalau di RTRW menyebutnya jalur bebas hambatan tidak secara langsung tol. Kalau bebas hambatan, misalnya JJLS juga kan bisa dikembangkan menjadi bebas hambatan," katanya.

Tetapi untuk tol Jogja - Bawen, Gatot memastikan saat ini sudah final. Untuk wilayah DIY diperkirakan dengan panjang maksimal 20 kilometer. Mulai dari Bendung Karangtalun, kemudian melewati Minggir di sepanjang selokan mataram.

Dari Bendung Karangtalun tol dengan konsep melayang akan melewati sepanjang selokan mataram. Salah satu titik keluar berada di Bedog Trihanggo, Gamping, Sleman kemudian membelah kota Jogja di atas Selokan Mataram dan berakhir di kawasan ringroad Maguwoharjo, Depok, Sleman.

"Kalau ini sudah final, survei sudah dilakukan, elevated jadi nanti tidak perlu pembebasan lahan" ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement