Advertisement

Hujan Tak Kunjung Turun, Status Tanggap Darurat Bakal Diperpanjang Lagi

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 01 November 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Hujan Tak Kunjung Turun, Status Tanggap Darurat Bakal Diperpanjang Lagi Penyaluran bantuan air bersih di Dusun Sumbersari, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, beberapa waktu lalu.Harian Jogja/Dokumen

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo bakal kembali memperpanjang status tanggap darurat kekeringan di Bumi Binangun. Masa tanggap darurat bencana kekeringan sebelumnya ditetapkan sejak 25 Juli hingga 30 September 2018. Namun karena kekeringan masih terjadi, status itu diperpanjang hingga 31 Oktober 2018. Setelah status berakhir, kini BPBD menunggu keputusan Pemkab Kulonprogo.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariadi, mengatakan saat ini jajarannya masih membahas perpanjangan status tanggap darurat tersebut. Alasan perpanjangan status ini lantaran intensitas turunnya hujan rendah meski telah memasuki November, sehingga krisis air masih melanda sebagian wilayah Kulonprogo.

Advertisement

Koordinasi dengan BMKG DIY, kata Ariadi, terus dilakukan sebagai upaya penentuan keputusan perpanjangan status ini. "Kami masih menyiapkan [perpanjangan status tanggap darurat kekeringan]," ujar Ariadi saat dihubungi Harian Jogja melalui sambungan telepon, Kamis (1/11/2018).

Namun jika tidak ada perpanjangan masa tanggap darurat, BPBD Kulonprogo tetap akan menyalurkan bantuan air bersih untuk warga terdampak, dengan catatan ada permintaan dari masyarakat. Hingga hari ini persediaan tangki air bersih di BPBD Kulonprogo mencapai 370 tangki. Menurut Ariadi jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dropping air selama sebulan ke depan.

Merujuk data BPBD Kulonprogo, saat ini ada sekitar 194 titik kekeringan di 30 desa di delapan kecamatan, di antaranya Kecamatan Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, Kokap, Pengasih dan Sentolo.

Salah satu wilayah terdampak kekeringan dan krisis air adalah Dusun Ngrandu, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo. Namun untuk saat ini kondisi kekeringan sudah berangsur menurun lantaran pasokan air dari Saluran Irigasi Induk Kalibawang mulai lancar.

Kepala Dusun Ngrandu, Sumarno, mengatakan aliran air dari Saluran Irigasi Induk Kalibawang bisa muncul karena beberapa hari terakhir sempat turun hujan meski intensitasnya rendah. "Kalau sekarang sudah lumayan meski debit air masih kecil, tetapi sumur milik warga sudah bisa terisi dan bisa digunakan kembali sejak sekitar 10 hari yang lalu," ujarnya. Kendati demikian dusun ini tetap mendapatkan bantuan air bersih dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Diingatkan untuk Mengelola Isu Perang Iran-Israel dengan Bijak

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement