Advertisement

Puluhan Usaha Mikro Siap Tunjukkan Potensi dalam Festival UMKM Sembada 2018

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 05 November 2018 - 15:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Puluhan Usaha Mikro Siap Tunjukkan Potensi dalam Festival UMKM Sembada 2018 Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memamerkan produk mereka dalam acara Workshop dan Temu Bisnis Nasional UMKM yang diselenggarakan di Hotel Tara, Jalan Magelang, Jogja, Selasa (30/10). Pengayaan pengetahuan bagi para pengusaha UMKM terutama dalam bidang industri kreatif ini berupaya menyinergikan kemitraan UMKM yang tangguh dan berdaya saing menuju era revolusi industri 4.0. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Sleman bakal menggelar Festival UMKM Sembada 2018 di Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (8/11/2018). Gelaran ini ditujukan untuk mengenalkan dan promosi produk UMKM di Sleman.

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinkop UKM Sleman, Fahmi Khoiri, mengatakan Festival UMKM Sembada 2018 bakal dimeriahkan dengan berbagai acara, mulai bazar produk lokal, talkshow, serta parade pojok konsultasi. "April lalu kami membuka Pojok Konsultasi. Ada sekitar 250 pelaku UMKM mengakses program itu. Mereka ingin membuat kegiatan bersama dan akhirnya digelar festival ini," kata Fahmi, Senin (5/11/2018).

Advertisement

Fahmi mengatakan belum semua UMKM terdata. Tahun ini terdata ada 36.000 UMKM dengan 90% merupakan pelaku usaha mikro. Pelaku usaha mikro berkriteria maksimum modal dalam satu tahun Rp50 juta atau omzet setahun Rp300 juta. "Kesadaran pelaku UMKM untuk mendaftarkan diri belum tumbuh," ujar Fahmi. Dia berharap dengan adanya festival tersebut gaung UMKM lebih terasa. "Pelaku usaha yang belum tersentuh, kami coba masuk ke sana karena pembinaan UMKM tak hanya tanggung jawab kami, instansi lainnya juga memiliki tanggung jawab," kata Fahmi.

Beberapa waktu lalu Dinkop UKM membuka Pojok Konsultasi. Pengelola UMKM bisa berkonsultasi terkait dengan pemasaran, permodalan, hingga laporan keuangan. Fahmi berharap di 2019 Pojok Konsultasi bisa menjadi Pusat Layanan Informasi Terpadu (PLUT).

Dalam gelaran Festival UMKM Sembada 2018, Dinkop UKM menyiapkan sebanyak 50 stan untuk bazar. "Dalam acara talkshow kami menghadirkan perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sleman dan pihak swasta. Kami ingin benih-benih wirausaha dimunculkan sejak dini," ujar Konsultan Pojok Konsultasi UKM Sleman, Yuli Afriyandi, Senin.

Berbagai UMKM yang terlibat akan menunjukkan produk andalannya mulai dari olahan pangan sampai aksesoris. Pada parade Pojok Konsultasi ada 15 lembaga konsultan dihadirkan, baik dari lembaga perbankan maupun dinas terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement