UGM Kembali Kirimkan Sukarelawan ke Palu

Titik pusat gempa di Poso menurut rilisan twitter InfoBMKG Senin (22/10/2018). - Twitter @infoBMKG
06 November 2018 14:10 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas Gadjah Mada (UGM) mengirim sukarelawan ke Palu, Senin (5/11/2018). Sebanyak 17 sukarelawan akan ditempatkan selama sembilan hari di Desa Lolu, Biromaru, Sigi, Sulawesi Tengah.

Sebanyak 14 mahasiswa berasal dari Fakultas Ilmu Budaya, Departemen Kebidanan Sekolah Vokasi, dan Fakultas Psikologi. Bersama tiga pendamping dan Kagama, para sukarelawan akan membantu penanganan masyarakat korban bencana mulai 6-14 November 2018. Mereka fokus pada bidang kesehatan, pendidikan, serta penyediaan air bersih.

Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat UGM Irfan Dwidya Prijambada meminta sukarelawan untuk bisa berkontribusi dengan baik dalam membantu masyarakat korban bencana di Palu. "Apa yang dilakukan nantinya diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan adik-adik mahasiswa,” kata dia, Senin (5/11/2018).

Pemberangkatan sukarelawan kali ini merupakan kali ketiga yang dilakukan UGM untuk membantu korban bencana Palu. Sebelumnya, UGM menerjunkan sukarelawan yang terdiri dari tim medis untuk membantu korban bencana di masa tanggap darurat.

Dalam melaksanakan misi peduli bencana, UGM melalui Disaster Response Unit (DERU) bekerja sama dengan Kagama. Hal ini telah dilakukan selama tiga tahun terakhir baik dalam pengiriman sukarelawan, bantuan, maupun mahasiswa KKN.

“Selain mengirimkan sukarelawan, nantinya kami juga akan menerjunkan mahasiswa KKN ke Palu pada Desember 2019 mendatang,” jelasnya.