Advertisement

Banyak Keluhan, Stasiun Tugu Akan Pasang Toilet Portabel di Luar Area Penumpang

Newswire
Kamis, 08 November 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Banyak Keluhan, Stasiun Tugu Akan Pasang Toilet Portabel di Luar Area Penumpang Kepadatan penumpang di Stasiun Tugu Jogja sudah mulai tampak menjelang akhir pekan ini, diperkirakan trafik penumpang angkutan mudik Lebaran akan mencapai puncak mendekati Lebaran, Sabtu (9/6/2018). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Stasiun Tugu Yogyakarta akan menambah toilet portabel yang akan ditempatkan di Zona 3 atau di area luar stasiun. Upaya ini dilakukan sebagai pembenahan guna kenyamanan seluruh penumpang maupun pengantar.

"Banyak keluhan yang masuk ke PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta karena masyarakat sulit mencari toilet di luar area stasiun. Keluhan itu justru melahirkan ide untuk berinovasi," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Rabu (7/11/2018).

Advertisement

Menurut dia, ide untuk membuat toilet portabel yang bisa dipindahkan dengan mudah tersebut berawal dari Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 Eko Purwanto yang kemudian dieksekusi oleh Balai Yasa Yogyakarta.

Tidak adanya fasilitas toilet di luar area Stasiun Tugu Yogyakarta, lanjut Eko, disebabkan adanya kekhawatiran PT KAI Daop 6 karena toilet di luar area stasiun biasanya tidak terawat dan kesadaran pengguna toilet kurang.

"Penggunanya pun bukan hanya penumpang tetapi banyak orang dan seringkali justru dikomersilkan oleh oknum tidak berhak. Alasan-alasan itulah yang menyebabkan kami tidak membangun toilet di luar area stasiun," katanya.

Namun, kata Eko, banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat membuat PT KAI Daop 6 memilih tidak mempertahankan alasan-alasan tersebut dan mulai memikirkan untuk memberikan fasilitas guna meningkatkan kenyamanan. "Keluhan itu harus ditindaklanjuti dan kemudian bisa diwujudkan dalam bentuk toilet ini," katanya.

Saat ini, toilet portabel tersebut sudah selesai dikerjakan dan akan segera difungsikan. Toilet berukuran 1,45x1x1,95 meter tersebut akan didominasi warna hijau.

Toilet tersebut memiliki empat bilik berupa toilet duduk, masing-masing dua untuk perempuan dan dua untuk laki-laki, serta dilengkapi dengan wastafel di bagian tengah dan tangga lipat dari stainless. Toilet juga akan dilengkapi penampung air berukuran 2x200 liter dan 2x250 liter serta genset 2,5 kW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement