Advertisement

Rayakan Hari Jadi Ke-72, Desa Guwosari Gelar Grebeg Selarong

Rahmat Jiwandono
Minggu, 11 November 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Rayakan Hari Jadi Ke-72, Desa Guwosari Gelar Grebeg Selarong Peserta grebeg dari pemerintah desa Guwosari. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Desa Guwosari, Pajangan, Bantul memperingati hari jadi desa yang ke 72 dengan menggelar acara Grebeg Selarong. Acara Grebeg Selarong merupakan kegiatan tahunan desa Guwosari yang biasanya digelar pada Juli 2018 mundur November karena pemerintah desa Guwosari sedang sibuk.

Acara Grebeg Selarong diikuti ratusan orang 15 bregada dari seluruh desa di Guwosari. Grebeg Gua Selarong berangkat dari balai desa Guwosari dan finis di Gua Selarong. Satu grup bregada terdiri dari 30-an orang.

Advertisement

Wiradi peserta Grebeg Selarong yang mengusung bregada tema Pangeran Diponegoro. Selain Bregodo Kraton juga ada bregodo Pangeran Diponegoro. "Grebeng Selaron sebagai bentuk perayaan desa kami yaitu Guwosari dan bisa memperkenalkan budaya yang ada di sini," kata dia.

Ketua Panitia Pelakasana Grebeg Selarong, Muhammad Faza Muzakki menjelaskan Grebeg Selarong selain acara rutin tahunan juga bentuk rasa syukur warga. Ada dua jenis bregada yang ikut yaitu bregada Kraton dan Diponegoro.

"Grebeg Selarong ada nilai napak tilas perjalanan Pangeran Diponegoro melawan penjajah," kata dia.

Pada acara Grebeg Selarong selain ada bregada, juga ada karnaval yang mengarak ogoh-ogoh. Setiap grup bregada membawa gunungan yang berupa makanan, sayuran, dan buah-buahan. Ada satu gunungan khusus yaitu gunungan ingkung yang terdiri dari 72 ingkung sebagai simbol hari jadi Desa Guwosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement