Advertisement

Relawan Blusukan Jokowi Targetkan 70% Suara di DIY

Abdul Hamied Razak
Senin, 12 November 2018 - 10:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Relawan Blusukan Jokowi Targetkan 70% Suara di DIY Deklarasi dan pelantikan pengurus Relawan Blusukan Jokowi Jogja, Minggu (11/11) di Alana Hotel & Convention Center Jogja. - Ist/Dok Blusukan Jokowi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Target perolehan suara Pemilu di DIY untuk Jokowi akan terus dinaikkan. Jika pada Pemilu sebelumnya Jokowi hanya meraih 64%, maka pada Pemilu 2019 relawan Jokowi menargetkan perolehan suara sebesar 70% untuk DIY.

Ketua Blusukan Jokowi Jogja Budi Setiyono mengatakan untuk mencapai target tersebut maka relawan Blusukan Jokowi dibentuk. Blusukan Jokowi merupakan akronim dari Bulaksumur untuk kemenangan Jokowi. Blusukan Jokowi, katanya, merupakan gerakan moral yang berusaha sekuat tenaga agar pemilihan presiden April mendatang dimenangkan oleh pasangan calon Joko Widodo-Kiai Ma'ruf Amin.

Advertisement

"Kerja nyata Presiden Jokowi selama ini telah membawa dampak nyata berupa pembangunan dan kesejahteraan bagi bangsa dan negara. Sehingga kepemimpinannya sangat layak untuk dilanjutkan," katanya di sela Deklarasi dan pelantikan pengurus Relawan Blusukan Jokowi Jogja, Minggu (11/11/2018) di Alana Hotel & Convention Center Jogja.

Menurutnya, pengurus dan relawan Blusukan Jokowi Jogja diisi oleh para alumni perguruan tinggi negeri maupun swasta di DIY. Blusukan Jokowi merupakan bagian (pengurus daerah) dari Blusukan Jkw pusat yang diketuai oleh Teguh Indrayana.

"Kami berharap nilai perolehan suara Jokowi di DIY meningkat. Targetnya adalah 70 persen suara untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Tahun lalu di DIY Jokowi memperoleh suara sebanyak 64 persen," kata Budi melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu.

Deklarasi ini diikuti peserta dari berbagai kalangan. Awalnya, anggota relawan ini sebanyak 690, dan sekarang bertambah menjadi 710. Mereka belum tergabung dengan keanggotaan relawan lainnya. Mereka akan mengembangkan anggota dengan system downline, membuat multilevel rekruitmen. Satu anggota relawan internal Blusukan Jokowi Jogja membuat downline empat orang ke bawah.

"Boleh keluarganya, boleh tetangganya, boleh saudaranya. Empat orang downline tersebut juga membuat downline menjadi empat lagi. Sehingga harapannya, 34 tingkatan di bawah itu sudah bisa memperoleh suara yang sangat signifikan untuk peningkatan suara di DIY," katanya.

Budi mengatakan pengumpulan relawan sudah beberapa bulan yang lalu. Dalam deklarasi juga diundang relawan tamu, di luar 710 dari anggota Blusukan Jokowi Jogja. Mereka yaitu relawan tamu yang sudah ada, seperti Projo, Rejomulia dan relawan yang terdaftar di Tim Kampanye Daerah (TKD) Tim Kampanye Kabupaten-Kota (TKK). Perwakilan masing-masing 15 orang. Totalnya sekitar 200 dari relawan tamu, serta perwakilan dari 9 partai koalisi, termasuk 9 pimpinan partai koalisi yang ada di DIY.

Tokoh masyarakat yang memberikan sambutan dalam deklarasi ini adalah Prof. Abdul Munir Mulkhan, mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogja. Sayangnya, orasi kebangsaan yang rencananya disampaikan Hasto Kristianto selaku Sekjen Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin urung dilakukan.

Ketua Relawan Blusukan Jkw Pusat Teguh Indrayana mengatakan setelah deklarasi dan pelantikan selesai, organisasi ini diharapkan membuat program-program kerja sampai pada awal April menjelang minggu tenang.

"Karena Pemilu adalah pesta demokrasi, jadi suasananya adalah suasana senang, saling menghormati satu sama lain. Tidak boleh gontok-gontokan, tidak boleh menyakiti. Adu program. Pembelajaran politiknya harus berjalan dengan baik, kesantunan berpolitik harus dibangun, memberi contoh berpolitik yang baik, yang damai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement