Advertisement

100 Karya Anak-Anak Dipamerkan di Galeri TBY

Sunartono dan Nur Uswatun Khasanah
Senin, 12 November 2018 - 20:20 WIB
Arief Junianto
100 Karya Anak-Anak Dipamerkan di Galeri TBY Anak-anak saat pembukaan pameran seni rupa bertajuk Cinta Laut Indonesia yang digelar di TBY, Senin (12/11/2018). - Nur Uswatun Khasanah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekitar 100 lukisan karya anak-anak dipamerkan dalam pameran bertajuk Cinta Laut Indonesia di Galeri Taman Budaya Yogyakarta (TBY), sejak Senin (12/11/2018) hingga Sabtu (17/11/2018).

Kasi Penyajian dan Pengembangan Seni UPTD TBY Ciptorini menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari program bimbingan seni rupa Art for Children (AFC). Bimbingan seni AFC ini merupakan wadah bagi anak-anak untuk dapat mengembangkan bakat yang dimiliki. "Salah satu cabang dari bimbingan tersebut adalah seni rupa," kata dia, Senin kemarin.

Advertisement

Tahun ini, program AFC TBY dikuti oleh 75 anak yang telah diberikan beragam bimbingan seni rupa. Dari bimbingan itu, hasil lukisan dan karya tiga dimensi yang jumlahnya mencapai 200 buah dipamerkan dalam event tersebut.

Setiap materi pembelajaran seni rupa tersebut, kata dia, selalu menghasilkan karya seni rupa, baik seni lukis maupun karya tiga dimensi.

Melalui AFC, kreativitas anak-anak dalam memotong, menggunting, melipat, menyusun, menggulung dan mengenal berbagai macam media untuk membuat karya dilatih. "Kelas bimbingan seni rupa AFC ini dibagi dua kelas sesuai dengan tingkat kesulitan, antara lain kelas IV SD ke bawah dan kelas 4 SD ke atas," ujarnya.

Dengan mengambil tema Cinta Laut Indonesia, anak-anak mengekspresikan seni tentang cinta terhadap laut di Indonesia. Pameran tersebut sekaligus untuk mengenalkan anak tentang berbagai kekayaan laut di Indonesia yang harus dijaga keberadaannya, mulai dari hewan laut hingga terumbu karang.

"Inilah sebagian kecil dari anak-anak kami, setiap minggu jam 10 sampai 11 kelas seni ini berlangsung. Saya mengucapkan terimakasih kepada guru-guru yang telah sabar mengajarkan seni kepada anak-anak. Karena kami disini tidak memaksa anak-anak untuk menjadi seniman, tetapi mengajarkan untuk tetap mencintai seni dengan hatinya," kata Kepala TBY, Eny Lestari Rahayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement