Advertisement

Dies Natalis Ke-49,FP UGM Menuju 10 Besar Tropical Countries

Laila Rochmatin
Selasa, 13 November 2018 - 10:10 WIB
Laila Rochmatin
Dies Natalis Ke-49,FP UGM Menuju 10 Besar Tropical Countries Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Fakultas Peternakan (FP) UGM selama periode 2016-2021 menetapkan target menjadikan fakultas ini sebagai kampus rujukan di bidang peternakan dan the world class Faculty of Animal Science.

Setidaknya selama empat tahun terakhir ini beberapa target kinerja telah tercapai, bahkan melebihi sebagaimana target yang ditetapkan oleh Renstra dan Renop 2017-2021.

Advertisement

“Target kami adalah menjadi lima besar di ASEAN dan menjadi top ten sebagai tropical countries pada 2020 – 2025," ujar Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Ali Agus di auditorium fakultas setempat pada puncak peringatan Dies Natalis ke-49, Senin (12/11/2018).

Selama empat tahun terakhir ini, kata Dekan, beberapa target telah tercapai, bahkan melebihi sebagaimana target yang ditetapkan oleh Renstra dan Renop 2017-2021. Dalam bidang pendidikan, hingga wisuda periode Oktober 2018, Fakultas Peternakan UGM telah meluluskan 5.256 sarjana, 750 master dan 119 doktor.

Fakultas Peternakan UGM telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan sertifikasi internasional versi AUN QA untuk program studi S1, serta memperoleh akreditasi A tanpa visitasi untuk program studi S2 dan S3. Kondisi ini tentu berpengaruh pada peningkatan minat calon mahasiswa sehingga selektivitas pun naik secara signifikan.

“Belum lagi aneka prestasi mahasiswa baik dalam kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler olahraga, seni, organisasi, program pertukaran baik nasional maupun internasional, dan pelaksanaan jaminan mutu pendidikan," kata Dekan.

Sebagai pendiri jejaring South East Asia Network for Animal Science (SEANAS), Fakultas Peternakan UGM secara aktif memberikan kontribusi dalam menentukan kompetensi lulusan peternakan di tingkat ASEAN. Sementara itu, dalam bidang penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat serta kerja sama menunjukkan hasil yang menggembirakan. Selama 2018 telah dihasilkan sebanyak 65 kerja sama dan 103 publikasi.

“Dalam bidang sumber daya manusia terjadi peningkatan secara signifikan terhadap jumlah dosen bergelar doktor yang mencapai 56 orang, angka ini jauh di atas rata-rata UGM sebesar 52,44 persen," tuturnya.

Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan Alumni Paripurna menilai Dies Natalis ke-49 Fakultas Peternakan UGM merupakan dies yang luar biasa dan dihadiri jumlah mitra paling banyak. Hal ini menunjukkan bila Fakultas Peternakan UGM memiliki visi jauh ke depan. “Universitas menyadari semua bisa maju hanya dengan berkolaborasi yaitu bekerja sama dengan para mitra," kata dia.

Menanggapi laporan Dekan, Paripurna menuturkan ada satu hal yang cukup mencengangkan terkait soal perbandingan dosen, mahasiswa S2 dan S3 mengingat jumlah keseluruhan dosen sudah mencapai 80%. Angka ini mungkin yang terbesar di UGM.

Sementara jumlah guru besar juga sudah mencapai 18% atau 25%. Angka-angka ini menjadi kontroversial, sebab Fakultas Peternakan UGM hanya didukung dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) ketiga terbawah di UGM.

“Ini ilmu apa yang dipakai pimpinan fakultas, saya harus bisa belajar dengannya. Lebih dari itu, Fakultas Peternakan telah mampu memanfaatkan kemajuan revolusi industri 4.0 seperti yang dikatakan tadi, dan teknologi tersebut tidak hanya memajukan science, tetapi juga mengolaborasikan atau mengombinasikan kerja sama science, industri dan masyarakat," jelas Wakil Rektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement