Advertisement

Benda-Benda Simbol Budaya Kraton Jogja Juga Dipamerkan di Perayaan Sekaten

Nur Uswatun Khasanah (M123)
Selasa, 13 November 2018 - 20:05 WIB
Bhekti Suryani
Benda-Benda Simbol Budaya Kraton Jogja Juga Dipamerkan di Perayaan Sekaten Kereta Kencana Garuda Yeksa, salah satu kendaraan milik Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dipamerkan di Bale Bang, Area Bangsal Siti Hinggil, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (13/11/2018). - Harian Jogja/Nur Uswatun Khasanah (M123)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Tak hanya pasar malam yang memeriahkan perayaan Sekaten di Jogja. Untuk memperingati kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW, pameran benda-benda milik Kraton Jogja juga ditampilkan.

Pada perayaan sekaten juga digelar pameran yang menampilkan benda-benda yang menjadi ciri khas budaya Jawa dan Kraton Jogja, tentu saja sekaligus ada nilai-nilai sosial yang terkandung di dalamnya.

Advertisement

Bertempat di Bale Bang, Area Bangsal Siti Hinggil, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sejumlah benda milik Kraton Jogja dipamerkan. Mulai belangkon, gamelan, pakaian tradisional, sampai kendaraan pribadi Sri Sultan semua dipertontonkan di pameran tersebut.

"Kegiatan seperti ini ada setiap tahun di bulan Mulud dan merupakan tradisi dari Sultan HB I sampai X. Ini sudah ada sejak zaman Demak, salah satunya untuk syiar agama. Jadi semua yang diikuti pada pameran di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini semua budaya yang ada di Jogja," kata Abdi Dalem Kraton Jogja Mas Lurah Cermo Pragola, Pedalangan, ditemui Selasa (13/11/2018).

Tidak hanya pameran, setiap hari ada penampilan seni tradisi dari berbagai daerah di Jogja. Setiap grup tampil selama dua jam setiap harinya. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan di Jogja yang hampir tergeser oleh perkembangan zaman.

"Membudayakan Bahasa Jawa di kalangan anak muda sekarang ini susah. Juga soal unggah-ungguh, etika dan sopan santun kurang, karena kemajuan zaman yang tidak baik, terkait dengan dampak penggunaan teknologi juga menjadi berpengaruh pada kesopanan anak-anak sekarang," kata Dwijo Budyo Yuwana, Kaprajan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement