Advertisement

Upaya Konservasi Penyu di Pantai Trisik Terhambat Sarana dan Prasarana

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 13 November 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Upaya Konservasi Penyu di Pantai Trisik Terhambat Sarana dan Prasarana Warga melihat penyu yang dirawat Kelompok Konservasi Penyu Abadi di Pantai Trisik, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Selasa (13/11/2018)./Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Upaya Kelompok Konservasi Penyu Abadi di Pantai Trisik, Desa Banaran, Kecamatan Galur, untuk menjaga kelestarian penyu terkendala minimnya sarana prasana (sarpras). Akibatnya proses penetasan telur penyu dan perawatan sebelum tukik dilepasliarkan ke laut kurang optimal.

Ketua Kelompok Konservasi Penyu Abadi, Jaka Samudro, mengungkapkan saat ini jajarannya baru memiliki tiga bak besar berukuran 3x3 meter, empat akuarium serta satu lokasi penetasan. Dengan fasilitas yang ada, menurutnya jumlah itu kurang memadai. "Paling tidak ada 10 akuarium tambahan berukuran 1 meter x 1 meter agar bisa menampung lebih banyak penyu," kata Jaka, Selasa (13/11/2018).

Advertisement

Diketahui hingga November, 2018 terdapat sekitar 1.700 telur penyu dari jenis penyu lekang dan penyu hijau yang ditampung Kelompok Konservasi Penyu Abadi. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sekitar sekitar 800 telur. Namun peningkatan jumlah ini tidak diimbangi dengan sarpras yang ada.

Disinggung soal bantuan dari pemerintah, Jaka mengaku belum pernah menerimanya. Justru pihak swasta yang kerap memberikan bantuan. "Sejauh ini belum ada, kami juga mengajukan usulan untuk membentuk kawasan konservasi kepada Pemerintah Pusat, tetapi tidak dikabulkan tanpa disertai alasan," ujarnya. Menurutnya jika kawasan konservasi dikabulkan akan mempermudah kelompok konservasinya agar lebih leluasa melakukan pengamatan dan perawatan terhadap telur penyu.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Untung Suripto, mengaku masih berupaya mengusulkan bantuan untuk konservasi penyu di Trisik. "Untuk tahun ini [bantuan] konservasi penyu di Kulonprogo belum ada. Bantuan untuk wilayah konservasi di Pantai Samas, Bantul," kata Untung.

Sejauh ini bantuan yang diberikan berupa tiga bak yang kini digunakan untuk pemeliharaan mulai 2004. Dia menegaskan BKSDA Yogyakarta terus mendukung upaya konservasi secara umum dengan membentuk kader konservasi dengan anggota berjumlah 60 orang dari empat kabupaten dan satu kota di DIY sebagai langkah peremajaan pelaku konservasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement