Advertisement

Pemkot Jogja-BMKG Perpanjang Kerja Sama Pembelajaran Sains di Taman Pintar

Yudhi Kusdiyanto
Rabu, 14 November 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkot Jogja-BMKG Perpanjang Kerja Sama Pembelajaran Sains di Taman Pintar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kiri) berfoto bersama Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti seusai penandatanganan perpanjangan perjanjian kerja sama di Taman Pintar, Rabu (14/11/2018). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Taman Pintar bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama (PKS) tentang penempatan peralatan peraga meteorologi, klimatologi dan geofisika untuk pembelajaran bagi para pengunjung di Taman Pintar. Penandatanganan PKS dilakukan oleh Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti dan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di gedung Science Theater Taman Pintar.

Kerja sama antara Pemkot Jogja dan BMKG sudah berlangsung sejak 2013, di mana BMKG berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai ilmu meteorologi, klimatologi, dan geofisika melalui Zona Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG). Keberadaan zona ini telah menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung Taman Pintar.

Advertisement

“Keberadaan zona MKG telah memberikan manfaat positif kepada masyarakat pada umumnya. Bagi Taman Pintar, kerja sama ini mampu memperkuat brand Taman Pintar sebagai pusat ilmu pengetahuan atau science centre yang rekreatif dan menyenangkan. Taman Pintar menjadi tempat yang tepat untuk rekreasi sekaligus menambah wawasan dan pengalaman di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Haryadi seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (14/11/2018).

Bagi BMKG, kerja sama yang terjalin akan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat akan fenomena meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika pada umumnya. Masyarakat dapat melihat, mengoperasikan, mengetahui berbagai peralatan yang digunakan untuk menyediakan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika di Zona MKG. Tingginya animo pengunjung di Zona MKG juga mengindikasikan bahwa rasa keingintahuan masyarakat tentang iklim dan cuaca cukup kuat. Penyediaan berbagai informasi melalui media peraga yang ada di Zona MKG dapat menjawab rasa keingintahuan tersebut dan membuat mereka lebih faham mengenai fenomena iklim dan cuaca.

Dengan tingginya minat masyarakat terhadap pengetahuan MKG dan manfaat yang diberikan, BMKG bersama Taman Pintar melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini untuk terus menghadirkan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik demi tercapainya literasi sains di tengah masyarakat dan menjadi science center kebanggaan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement