Advertisement

Kini, Keluarga Mahasiswa Terkoneksi Internet UNY

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 14 November 2018 - 13:10 WIB
Laila Rochmatin
Kini, Keluarga Mahasiswa Terkoneksi Internet UNY Rektor UNY Sutrisna Wibawa menyerahkan dokumen Peraturan Rektor No.15/2018 tentang Layanan Sistem Informasi dan Electronics Services UNY kepada para perwakilan dekan dan pimpinan lembaga di UNY, Selasa (13/11/2018). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebanyak 42 sistem berbasis Internet diluncurkan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (13/11/2018). Mahasiswa, dosen, pegawai kampus bahkan sampai keluarga mahasiswa bisa memperoleh informasi melalui sistem-sistem ini.

Tiga di antara sistem yang diluncurkan adalah Sistem Registrasi, e-Bimbingan, dan Sistem Informasi Keuangan (Sikeu). E-Bimbingan memberi layanan bimbingan tugas akhir berbasis web yang memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan bimbingan hanya melalui daring.

Advertisement

Dengan e-Bimbingan, pengelola di tingkat jurusan dapat mengelola data bimbingan serta mengatur distribusi dosen pembimbing. Sistem ini juga menyajikan laporan terkait kemajuan penulisan tugas akhir sebagai bahan monitoring dan evaluasi bagi pengelola. Sementara untuk Sikeu dapat berfungsi mengelola data keuangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Rektor UNY Sutrisna Wibawa dalam Grand Launching Pemanfaatan Sistem Informasi dan Implementasi e-Services di UNY, Selasa (13/11/2018), mengatakan selama ini masih ada tugas dan kewajiban pemangku kepentingan di UNY yang belum dilakukan maksimal.

"Presensi kuliah kadang belum dilaksanakan dosen padahal tinggal klik saja. Saat ini baru 50 persen dosen yang melakukan e-Learning. Saya harap semua bisa," kata dia, Selasa.

Melalui kemudahan berbasis teknologi ini, orang tua yang sudah menyekolahkan anaknya di UNY juga bisa memantau perkembangan anak, salah satunya dari nilai akademik Nilai akademik tidak hanya akan dikirimkan kepada mahasiswa tetapi juga orang tua. Untuk itu saat registrasi pertama, selain email pribadi mahasiswa, email orang tua atau wali juga wajib dicantumkan.

"Sehingga ada komunikasi dengan keluarga. Ini hal-hal yang harus dipenuhi di zaman ini," kata Sutrisna.

Sukirjo, Kepala Biro Umum, Perencanaan, dan Keuangan UNY mengatakan ke depan 42 sistem ini bisa dikoneksikan dengan Android. "Kalau sekarang [dari 42 sistem] paling baru 10 persennya [yang sudah terkoneksi Android]," katanya.

Menurut Sukirjo, UNY akan terus meningkatkan kuantitas dan kualitas wifi guna menunjang transfer informasi di area kampus. Dari sisi manusia juga dituntut untuk melek teknologi informasi karena selalu ada perkembangan.

Bagi Sukirjo, alasan penerapan e-Services adalah bagian dari peningkatan pelayanan yang berkualitas. Kualitas ditandai dari kemudahan, akurasi data, dan ketepatan waktu. "Dengan adanya [e-Services] ini memudahkan semuanya dan terjamin akurasi datanya," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement