Advertisement

Kendaraan Bak Terbuka Turut Jadi Perhatian dalam Operasi Zebra Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 14 November 2018 - 09:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kendaraan Bak Terbuka Turut Jadi Perhatian dalam Operasi Zebra Gunungkidul Ilustrasi penertiban operasi Zebra Progo - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Resmi ditutup, ribuan pelanggar lalu lintas terjaring dalam operasi zebra progo 2018 yang digelar, Selasa (30/10/2018)-Senin (12/11/2018). Pelanggaran yang mendominasi yaitu pengendara di bawah umur.

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko mengungkapkan, angka tilang yang dilakukan selama operasi sebanyak 4.980, sedangkan untuk teguran 269. Pada operasi ini memang lebih banyak dilakukan penilangan.

Advertisement

“Pengendara di bawah umur yang paling mendominasi yaitu mencapai 2.064,” ujarnya.

Mega mengimbau para orang tua agar lebih memperhatikan anaknya yang berangkat sekolah menggunakan kendaraan bermotor namun belum memiliki SIM. Menurutnya alangkah lebih baik jika diantar oleh orang tua atau menggunakan angkutan umum atau ojek.

“Telah ditentukan bahwa minimal usia 17 tahun untuk mendapatkan SIM pada usia tersebut dinilai anak sudah matang dalam psikologis dan fisik,” ujarnya.

Dari temuan data yang didapat hasil oprasi zebra tersebut pihaknya akan mensosialisaskan ke sekolah-sekolah terutama Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar para siswa tidak menggunakan kendaraan bermotor saat berangkat sekolah.

Diurutan kedua pelanggaran yaitu pengendara tidak menggunakan helm menempati yaitu sebanyak 729. Tidak hanya dari tujuh pelanggaran target operasi zebra yang disasar, namun juga kendaraan bak terbuka yang sering digunakan sebagai angkutan orang turut menjadi perhatian.

“Kendaraan dengan bak terbuka tetap tidak diperkenankan untuk mengangkut penumpang, walaupun penumpang bak terbuka mengenakan helm. Penumpang harus ada di dalam kabin. Itu semua demi keselamatan penumpang juga, karena sangat membahayakan itu,” kata Mega, Selasa (13/11/2018).

Diharapkannya setelah operasi ini pengendara lebih sadar untuk menjaga keselamatannya sendiri. Sehingga dapat pula menekan angka kecelakaan yang berakibat fatal yaitu meninggal dunia, dimana saat ini menurutnya masih cukup tinggi dikisaran 50 kejadian setiap tahunnya. Menurut Mega dengan operasi ini pula angka kecelakaan dapat ditekan.

Sebelumnya, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengatakan digelarnya operasi zebra upaya kepolisian untuk meningkatkan ketertiban, dengan begitu potensi kecelakaan dapat ditekan.

“Harapannya kesadaran dan ketertiban ini tidak hanya pada saat operasi, tapi di hari-hari biasa juga harus tertib,” kata Fuady.


7 pelanggaran incaran Operasi Zebra:

1. Pengemudi yang menggunakan atau memainkan handphone saat berkendara.

2. Pengemudi yang melakukan lawan arus.

3. Pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan dan orang).

4. Pengemudi kendaraan di bawah umur.

5. Pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt.

6. Pengemudi yang menggunakan narkoba, dan mabuk.

7. Pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

Jumlah total tilang 4.980

Teguran 269

Pengendara dibawah umur 2.064

Tidak mengenakan helm 792

Tidak menggunkan sabuk keselamatan 612

Bak terbuka menganggkut penumpang 160

Lain-lain sisanya

Sumber: Polres Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement