Advertisement

Petani Lengkeng di Tawangsari Targetkan Panen Raya di 2020

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 14 November 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Petani Lengkeng di Tawangsari Targetkan Panen Raya di 2020 Buah kelengkeng - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Petani buah lengkeng di Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, menargetkan panen besar pada 2020. Tahun itu hasil produksi lengkeng di desa tersebut diperkirakan mencapai 140 ton.

Petani optismistis target ini bisa terealisasi lantaran mereka akan mendapat bantuan 2.000 batang bibit lengkeng dari Pemkab Kulonprogo, sehingga dengan bantuan ini bakal ada 9.000 pohon lengkeng yang siap dipanen secara besar-besaran pada 2020.

Advertisement

Seorang petani lengkeng di Desa Tawangsari, Untung Alip Sutomo, mengatakan luas lahan tanam lengkeng di desanya mencapai 20 hektare yang tersebar di dua dusun, salah satunya Dusun Soropadan. Adapun setiap warga di dusun itu memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam lengkeng. "Penanaman ini sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan rencana pembentukan agrowisata lengkeng di Desa Tawangsari," ucap Untung, Selasa (13/11/2018).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono, mengatakan pemberian bantuan bibit lengkeng kepada para petani di Desa Tawangsari bertujuan mendorong desa tersebut menjadi desa agrowisata.

Desa Tawangsari menjadi wilayah pengembangan desa wisata dan agrowisata kebun buah sebagai daya tarik utama. Adapun pengembangan desa ini sebagai agrowisata sudah dilakukan selama dua tahun terakhir. Kepala Desa Tawangsari, Sigit Susetya, mengungkapkan untuk mengimbangi perintisan kawasan agrowisata jajarannya mendorong warga untuk merintis kawasan transit wisata. Hal ini lantaran lokasi desa tersebut berdekatan dengan jalan nasional sehingga cocok untuk menjadi tempat transit wisata. "Tentunya dengan sejumlah inovasi dan pengembangan sumber daya manusia," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement