Advertisement

Banyak Pendaftar Tak Lolos, Formasi CPNS di DIY Tak Terpenuhi

Sunartono
Kamis, 15 November 2018 - 19:05 WIB
Bhekti Suryani
Banyak Pendaftar Tak Lolos, Formasi CPNS di DIY Tak Terpenuhi Ilustrasi CPNS. - Antara Foto/Adwit B Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY menyatakan jumlah peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos passing grade atau nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar (SKD) seluruh DIY hanya 2.483 peserta dari total 3.131 formasi CPNS di seluruh DIY.

Pemda DIY mengakui merasa dirugikan dalam proses perekrutan ini karena diprediksi bakal banyak formasi tidak terisi.

Advertisement

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto berharap pemerintah pusat dapat merubah passing grade seleksi CPNS ke depannya. Terutama untuk tes kepribadian yang dinilai rawan untuk tidak bisa lolos.

Ia menilai tingginya passing grade yang ditentukan oleh pusat, membuat hitungan secara ekonomi Pemda DIY dirugikan sebagai penyelenggara. Pemda DIY telah mengucurkan duit nyaris Rp1 miliar untuk melakukan seleksi CPNS.

Khusus untuk Pemda DIY dari jumlah 20.000 peserta seleksi, yang lolos passing grade hanya 1.007 orang. Terdiri dari 1.006 dari formasi umum dan hanya satu orang lolos seleksi formasi bagi penyandang disabilitas.

"Secara ekonomi ya rugi karena sudah mengeluarkan anggaran banyak [untuk pelaksanaan], yang lolos cuma sedikit," terangnya, Kamis (15/11/2018).

Ia mengatakan hasil passing grade secara resmi kemungkinan akan diberikan kepada daerah pada Senin (19/11/2018) pekan depan. Namun pihaknya telah menyampaikan persoalan itu kepada pusat sebagai bahan evaluasi. "Sebaiknya diulang kembali [ada seleksi lagi di tahun berikutnya dan ini harus dievaluasi karena tidak hanya di DIY saja tetapi hampir semua daerah di Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement