Advertisement

Analisis Wacana Masih Jarang Dibahas di Kampus

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 16 November 2018 - 07:10 WIB
Laila Rochmatin
Analisis Wacana Masih Jarang Dibahas di Kampus Ilustrasi mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Bedah Buku Hamparan Wacana: Dari Praktik, Ideologi dan Media hingga Kritik Postkolonial di ruang seminar timur, Kamis (15/11/2018). Ide dasar penulisan buku ini berangkat dari kegelisahan terhadap buku yang selama ini menjadi referensi kalangan akademisi.

Salah satu penulis buku Budiawan dari Prodi Kajian Budaya dan Media UGM mengungkapkan analisis wacana sebagai teori sekaligus metode relatif menjadi hal baru bagi ilmu sosiohumaniora. Sayangnya hal ini masih langka ditulis.

Advertisement

Ia mengatakan memang ada satu buku tentang analisis wacana yang ditulis oleh salah satu ilmuwan luar negeri. Buku tersebut banyak menjadi acuan para dosen dan mahasiswa ilmu sosial di Indonesia. Namun isi buku itu menurut dia, menyesatkan sehingga kurang akurat untuk menjadi referensi para mahasiswa.

"Ada kegelisahan dari para dosen saat membimbing mahasiswa acuannya memakai buku itu. Maka berangkat dari kegelisahan itulah kemudian ada ide untuk menulis Hamparan Wacana dari teorinya siapa-siapa," jelas dia, Kamis.

Ada sembilan penulis yang terlibat dalam karya ini. Masing-masing menuliskan teori dan metode analisis wacana dari pemikiran Michel Foucault, Norman Fairclough, sampai Tenun Van Dijk yang secara komprehensif sekaligus menyematkan dengan cara beroperasinya. Buku ini ingin memberikan gambaran bahwa analisis wacana sebagai pendekatan, teori, dan metode tidak bersifat tunggal.

Penulis lain, Bayu Wahyono dari Jurusan Teknologi Pendidikan UNY mengatakan selama ini wacana sering disalahartikan. "Banyak disalahartikan wacana bukan sebagai praktik padahal wacana itu sekaligus sebagai praktik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement