Advertisement

Polres Gunungkidul Turut Bersiap Atasi Bencana, Ini yang Dilakukan

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 17 November 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Polres Gunungkidul Turut Bersiap Atasi Bencana, Ini yang Dilakukan Pengecekan alat persiapan menghadapi bencana di Mapolres Gunungkidul, Kamis (15/11/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Memasuki musim penghujan, potensi bencana alam dikhawatirkan terjadi di Gunungkidul. Oleh karenanya semua pihak tengah bersiap termasuk pula Polres Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim khusus untuk mengantisipasi bilamana terjadi bencana alam. Mengingat, dari tahun sebelumnya, Gunungkidul kerap dilanda banjir dan tanah longsor.

Advertisement

“Kita telah siapkan tim khusus yang sudah kita latih seblumnya personil kita mendapatkan pelatihan bagaimana memberikan pertolongan dan pelatihan tanggap bencana,” kata Fuady seusai gelar sarana prasarana dalam rangka pam OMB dan tanggap bencana alam, Kamis (15/11/2018).

Ia menyatakan, personil Polres Gunungkidul telah siap membantu masyarakat jika nantinya bencana alam terjadi. Bahakan dirinya menegaskan personil akan diterjunkan langsung dalam proses evakusi.

Pengecekan alat persiapan menghadapi bencana di Mapolres Gunungkidul, Kamis (15/11/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

“Saya perintahkan untuk turun kelapangan dan kami pastikan benar-benar sampai dilokasi memberikan bantuan. Personel dari Polres yang kita siapkan dari Sat Sabhara dan Sat Polair, selebihnya dari Polsek,” ujarnya.

Ditambahkan Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Anang Prastawa mengatakan bahwa sesuai hasil pemetaan sedikitnya ada dua bencana alam yang diwaspadai yakni banjir dan tanah longsor. Sedangkan untuk wilayah rawan sendiri yakni Gedangsari, Ngawen, Nglipar dan Semin.

"Namun kami juga waspada di seluruh wilayah,” katanya.

Ia menjelaskan, selain persiapan personil pinaknya juga menyiapkan berbagai peralatan baik untuk evakuasi maupun untuk pertolongan medis. Segala alat telah dicek dan dinyatakan siap untuk digunakan.

Pengecekan alat persiapan menghadapi bencana di Mapolres Gunungkidul, Kamis (15/11/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Sejumlah alat pendukung yang disiapkan diantaranya Ada alat Bansar Sat Sabhar, Ambulance, peralatan Chain Show sabhara dua unit, tujuh mobil lalu lintas, empat Moge, 10 unit kendaraan roda dua milik satlantas, kendaraan roda dua bhabinkmtibmas 36 unit, chain show polsek 18 unit dan peralatan P3K.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki, mengatakan potensi sejumlah bencana harus mulai diwaspadai.

"Untuk potensi longsor perlu diwaspadai utamanya di kawasan utara seperti, Patuk, Nglipar, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Ponjong," kata Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement