Advertisement

Memotivasi Siswa Amalkan Alquran, SMPN 1 Nanggulan Gelar Khotmil Quran

Uli Febriarni
Rabu, 21 November 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Memotivasi Siswa Amalkan Alquran, SMPN 1 Nanggulan Gelar Khotmil Quran Ilustrasi Pembacaan ayat suci Alquran oleh para siswa SD/MI di Kulonprogo, beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, ribuan orang menghadiri Khotmil Quran di SMP Negeri 1 Nanggulan, Rabu (21/11/2018).

Kepala SMP Negeri 1 Nanggulan, Erni Etik Suyanti, mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan memotivasi siswa agar cinta membaca dan mempelajari Alquran dan mengamalkannya dalam setiap langkah kehidupan. Harapannya ke depan tercipta generasi qurani yang mampu menghadapi tantangan hidup di zamannya. "Menjadi generasi yang membanggakan orang tua dan almamater, serta menjadi generasi yang siap memimpin negara di era Indonesia emas," kata dia, Rabu.

Advertisement

Menurut dia acara itu sejalan dengan Peraturan Bupati Kulonprogo No.65/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang di dalamnya menyebutkan setiap lulusan SMP yang beragama Islam harus hafal bacaan salat, hafal juz amma, khatam Alquran.

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Sumarsana, siswa harus mempunyai tiga hal penting yaitu berkarakter, kemampuan berliterasi dasar dan berkompetensi 4C atau berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif. "Keteladanan adalah hal utama. Sinergi keluarga, sekolah dan masyarakat sebagai Tri Pusat Pendidikan sangat diharapkan, sehingga generasi yang andal akan terwujud," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement