Advertisement

Kesenian Asal Dusun Tekik, Dlingo, Bantul Ditampilkan

Rahmat Jiwandono
Minggu, 25 November 2018 - 20:20 WIB
Arief Junianto
Kesenian Asal Dusun Tekik, Dlingo, Bantul Ditampilkan Para perempuan tengah menampilkan kesenian Hadrah Dono Roso dalam Gelar Budaya di Dusun Tekik, Desa Temuwuh, Dlingo, Bantul, Sabtu (24/11/2018). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kesenian khas Dusun Tekik, Desa Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Hadrah Dono Roso ditampilkan dalam Gelar Budaya yang digelar di RT 03 dusun tersebut, Sabtu (24/11/2018) malam.

Sekadar diketahui, Hadrah Dono Roso merupakan seni hadrah yang semua pemainnya adalah perempuan. Seni itu mulai ditampilkan di Dusun Tekik sejak 1990-an.

Advertisement

Ketua Pelaksana Gelar Budaya Dusun Tekik, Endang Sulastri mengatakan selain Hadrah Dono Roso, Gelar Budaya juga menghadirkan sejumlah kesenian, di antaranya adalah jatilan, dan gejog lesung. Gelar Budaya digelar, kata dia, dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya anak muda yang kurang meminati kesenian tradisional seperti jatilan dan gejog lesung.

Melalui Gelar Budaya, dia berharap supaya ada generasi muda yang mau melestarikan berbagai kesenian ini. Menurutnya generasi muda sekarang terlalu sering bermain atau memegang gadget mereka.

"Oleh karena itu, kami menggelar Gelar Budaya, terutama agar warga dusun Tekik yang masih muda-muda tahu dan mengenal kebudayaan asli tempat mereka tinggal," ujar dia, Minggu (25/11).

Kepala Seksi (Kasi) Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Wardoyo mengaku kini pihaknya tengah berupaya untuk membuat Dusun Tekik menjadi desa budaya yang bernilai wisata. Pasalnya desa ini, menurut dia, sudah memiliki beberapa atraksi kesenian yang bisa ditampilkan.

"Tinggal proses mengemasnya saja bagaimana agar masyarakat mau datang ke sini. Terlebih lagi lokasinya hanya berjarak sekitar empat kilometer dari hutan pinus Mangunan," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement