Advertisement

Dukung Jogja Smart Province, Gunungkidul Butuh Peran Anak Muda

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 28 November 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Dukung Jogja Smart Province, Gunungkidul Butuh Peran Anak Muda Workshop dan sosialisasi Jogja Smart Province, di Hotel Cykaraya, Wonosari, Selasa (27/11/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengklaim terus melakukan dukungan untuk pemajuan Jogja Smart Province, yang merupakan kolaborasi kewilayahan berbasis teknologi informasi untuk mendukung penyelesaian isu strategis dan pengembangan potensi DIY.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengaku sangat mendukung program ini, karena setidaknya akan berpengaruh positif pada tiga aspek. “Dengan ini akan mempercepat dalam tiga aspek pertama pelayanan, lalu pemerintahan, dan pembangunan dengan signifikan,” kata Immawan, Selasa (27/11).

Advertisement

Dikatakannya untuk wilayah Gunungkidul sebenarnya tidak ada hambatan begitu berarti untuk mendukung ini. Hanya saja memang diperlukan seseorang khusus, atau anak-anak muda yang nantinya dapat mengelola berbagai hal terkait teknologi informasi ini.

Immawan menekankan yang harus ditingkatkan yaitu etos kerja, karena hal ini sudah lagi bukan inovasi, namun telah menjadi kewajiban. Selain itu sinergitas dengan media dan berbagai pihak lain dinilainya penting.

Ia memaparkan wujud pengembangan teknologi informasi yang telah dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul, yaitu Sistem Informasi Desa (SID). Dengan SID ini dikatakannya dapat mempermudah berbagai urusan masyarakat. Selain itu juga dapat memotret kepentingan-kepentingan yang diperlukan dalam perencanaan pembangunan.

Kedepan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi itu juga digunakan dalam berbagai hal lain seperti pertanian, perikanan. Sehingga anak-anak muda juga tertarik dengan hal-hal yang dirasa saat ini belum menarik bagi pemuda.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), DIY, Rony Primanto Hari memaparkan Smart Province merupakan salah satu program dasar dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DIY.

“Untuk bisa menjalankan program tersebut harus melakukan kolaborasi dan koordinasi secara kewilayahan dengan kabupaten atau kota, karena ada berbagai permasalahan yang tidak bisa dilaksanakan oleh Kabupaten sendiri. Banyak yang harus dikolaborasikan,” ujarnya.

Rony juga memberi apresiasi terhadap Pemkab Gunungkidul, terkait Smart Province secara program, semangat, dan tata kelola cukup baik. “SID bisa dikatakan cukup maju,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement